Substansi Nilai Pelajar Pancasila Dalam Cerpen Pilihan Kompas 2018 Doa yang Terapung

Fika Aulia Khasanah(1*), Diva Rizkia Mia Rifada(2), Niswatun Khasanah(3), Tommi Yuniawan(4), Qurrota Ayu Neina(5)

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai Pelajar Pancasila elemen Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia yang termuat dalam cerpen Kompas 2018 yang berjudul “Doa Yang Terapung” sebagai pedoman dalam beretika dan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan cara analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan tiga jenis kegiatan yaitu reduksi data, display (penyajian) data, dan conclusion (kesimpulan). Terdapat lima puluh data/kutipan yang dapat dikelompokkan ke dalam lima elemen kunci pelajar pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, dan berakhlak mulia yaitu 1) akhlak beragama 2) akhlak pribadi 3) akhlak kepada manusia 4) akhlak kepada alam dan 5) akhlak bernegara. Kumpulan data tersebut dapat dijadikan sebagai jawaban atas permasalahan degradasi moral siswa yang terjadi pada masa sekarang. Selain itu, hasil analisis ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar siswa SMP/MTs supaya berkarakter sesuai dengan Pelajar Pancasila.

 


Keywords


Cerpen Kompas, Pelajar Pancasila, Religius

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andriana, K. (2023). Sikapi Degradasi Moral Remaja, PUI Siapkan 10.000 Dai Milenial yang Bertugas Mulai Ramadhan ini. Diambil dari Jabar Tribunnews.com: https://jabar.tribunnews.com/2023/03/18/sikapi-degradasi-moral-remaja-pui-siapkan-10000-dai-milenial-yang-bertugas-mulai-ramadhan-ini.

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasil pada Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/Dimensi_PPP.pdf.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Fitriani, F., Fitriani, Y., & Ardiansyah, A. (2021). Nilai-Nilai Moral, Budaya, dan Religius dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2018 Doa yang Terapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2018-2026.

Kompas. (2019). Cerpen Pilihan Kompas 2018 Doa yang Terapung (Herlambang Jaluardi, Ed.). Kompas Gramedia Nusantara.

Masitha. (2023). Ramaja Indonesia Krisis Moral, Kemana Peran Orangtua?. Diambil dari Sulbar Tribunnews: https://sulbar.tribunnews.com/2023/03/03/remaja-indonesia-krisis-moral-kemana-peran-orangtua.

Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419–2429. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2455

Muzaki, M., Nuryanto, T., & Uswati, T. S. (2023). Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Rahasia Hujan Karya Adham T. Fushama dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran Novel di SMA Kelas XI. Deiksis, 15(1), 90. https://doi.org/10.30998/deiksis.v15i1.13672

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parentinf Styles dan Pengajaran Adab. UNISIA, 38(82).

Nugroho, A. (2022). Analisis Nilai Sosial dalam Cerita Pendek Pilihan Kompas 2019 serta Kelayakannya sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMP. Kajian Linguistik Dan Sastra, 7(2), 33–50. https://doi.org/10.23917/kls.v7i2.15057

Sopiyahwati, S., Anggraini, N., & Ramdhani, I. S. (2021). Nilai Pendidikan Lingkungan dalam Cerpen Kompas Edisi Oktober-Desember 2020 dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PROSIDING SAMASTA.

Sufanti, M., Purwati, P. D., & Cahyati, J. N. (2022). Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 sebagai Bahan Edukasi Karakter Berkebinekaan Global. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.18211

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fika Aulia Khasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.