TUTURAN ANTI-MAINSTREAM DI ANGKRINGAN WEST, SEMARANG BARAT SERTA RELEVANSINYA DENGAN PANDANGAN MASYARAKAT: KAJIAN PRAGMATIK

Yulfiha Nur Azizah(1*), Tika Agustina(2), Citra Ayu Widyaningrum(3), Rozza Prajna Paramita(4), Asep Purwo Yudi Utomo(5)

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui (1) jenis dan bentuk tindak tutur dalam tuturan Fahruddin Raharso dan (3) relevansi antara tuturan Fahruddin Raharso dengan pandangan masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan pragmatik dan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa penggalan tuturan Fahruddin Raharso yang diduga mengandung unsur anti-mainstream pada video unggahan akun TikTok @angkringan.west dan Instagram @angkringan.west. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak dan metode cakap, sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode padan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan Fahruddin Raharso yang mengandung unsur anti-mainstream terdapat 18 tindak tutur, meliputi enam lokusi, lima ilokusi, dan tujuh perlokusi. Bentuk tindak tutur lokusi yang ditemukan dalam pelayanan Angkringan West berupa lokusi pernyataan dan pertanyaan. Bentuk tindak tutur ilokusi dalam pelayanan Angkringan West berupa deklaratif dan interogatif. Bentuk tindak tutur perlokusi dalam pelayanan Angkringan West berupa perlokusi verbal. Tuturan anti-mainstream oleh Fahruddin Raharso didominasi dengan tindak tutur perlokusi yang ditunjukkan dengan adanya penggunaan gaya bahasa berintonasi tinggi, keras, dan umpatan yang dikemas dengan humor yang jarang dijumpai pembeli di angkringan lain. Menurut pandangan masyarakat, tuturan tersebut tidak dipandang sebagai penyimpangan, melainkan sebuah karakteristik yang berusaha ditonjolkan sebagai suatu pembeda dengan angkringan lainnya.

 


Keywords


Tindak Tutur; Angkringan West; Anti-mainstream; Pandangan Masyarakat; Pragmatik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adhiguna, I. M. P., Susrawan, I. N. A., & & Erawan, D. G. B. (2019). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indoensia Di Kelas XI MIPA 7 SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Bakti Saraswati, Vol. 08 No(02), 204–211.

Anderson, & Kulhavy. (1972). Learning Concepts from Definitions. American Educational Research Journal, 9(3), 144–153.

Ariyadi, A. D., Hp, M. K., Purwo, A., & Utomo, Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Film Pendek “ Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini The Series Eps 01 ” pada Kanal Youtube Toyotaindonesia. Jurnal Ilmiah SARASVATI, 3(2), 215–227.

Artati, A., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43–57. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i1.9687

Cahyo, A. N., & Mardikantoro, H. B. (2022). Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi dan Perlokusi dalam Interaksi Penjual dengan Pembeli di Pasar Raya MMTC. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 19(2), 144–153.

Frandika, E., & Idawati. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Pendek “Tilik (2018).” Pena Literasi : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 14, 61–69. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasiEmail

Handayani, S., & Taufik, M. (2017). Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan yang Dipengaruhi Lokasi, Fasilitas & Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Pada Warga Kos di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 24(43), 59–60. http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/JEMA/article/view/301

Jaidan, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 159–168.

Latifah, S. M., & Kartikasari, R. D. (2022). Tindak Tutur Lokusi dan Perlokusi dalam Novel “Kata” Karya Nadhifa Allya Tsana: (Suatu Kajian Sosiolinguistik). Matapena: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), ISSN 2621-9042. https://drive.google.com/file/d/1nJ0XBYmCaZoov0y1V987i5sgYxlqDHV3/view

Levinson. (1983). Pragmatics. Inggris: Cambridge University Press.

Maulida, U. (2021). Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan, Morfologi, dan Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi PGMI Binamadani. Dirasah, 4(1), 24–34. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir

Mawaddatunnisa, E. V. A. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Dalam Cuitan Akun Twitter@ FiersaBesari. Logat: Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 05(04), 12428–12442.

Megawati, E. (2016). Tindak Tutur Ilokusi pada Interaksi Jual Beli di Pasar Induk Kramat Jati. Deiksis, 8(02), 157–171. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/download/723/640

Muslim, B. (2017). Penyimpangan Teori Brown dan Levinson dalam Tindak Tutur Peserta Talk Show Indonesia Lawyers Club (Ilc) Di Tv One dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 104–117.

Oktapiantama, H., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Direktif Pada Film Keluarga Cemara Karya Yandy Laurens. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 76–87. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3271

Pansuri, C. H., Qoriah, D., Ekonomi, F., & Garut, U. (2021). Penggunaan Bahasa Unik Komunitas Waria Sebagai Alat Komunikasi Di Cipanas Garut. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 7(1), 617–626. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/981

Purba, A. (2011). Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 77–91. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1426

Rahma, A. N. (2018). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi. Skriptorium, 2(2), 13–24. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/skriptorium184a7bf7d4full.pdf

Rahmadhani, F. F., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif Dalam Novel Hujan Bulan Junikarya Sapardi Djoko Damono. BAHTERA INDONESIA:Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 88–96.

Romario, R., Rawis, S., Lapian, S. L. H. V. J., & Wullur, M. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Novotel Manado). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI UNSRAT), 7(2), 464–475.

Rustono. (1999). Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Sagita, V. R., & Setiawan, T. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Ridwan Kamil dalam “Talkshow Insight” di CNN Indonesia (The Form and Type of Illocutionary Speech Acts Ridwan Kamil in the “Insight Talkshow” at CNN Indonesia). Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 9(2), 187. https://doi.org/10.26714/lensa.9.2.2019.187-200

Saifudin, A. (2018). Konteks dalam Studi Linguistik Pragmatik. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 14(3). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/lite/article/view/2323/1462

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa Msmes the Pillar for Economy. 4(1), 137–146.

Septiana, M. H. E., Susrawan, I. N. A., & Sukanadi, N. L. (2020). Analisis Tindak Tutur pada Dialog Film 5Cm Karya Rizal Mantovani (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (JIPBSI), 1, 98–105. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jipbsi/article/view/1604

Setiawan, A. H. (2010). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja pada Sektor Usaha Kecil dan Menengah (Ukm) di Kota Semarang. JEJAK : Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 3(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jejak/article/view/4663

Sudana1, I. K., Anggreni, N. L. P. Y., & Indrawan, I. P. E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Kober Mie Setan (Study Kasus Kober Mie Setan Peguyangan). Widyadari : Jurnal Pendidikan, 22(2), 555–561. https://doi.org/10.5281/zenodo.5574445

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Umaroh, L. (2017). Dominasi Ilokusi dan Perlokusi dalam Transaksi Jual Beli. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 7, 21–34. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1350505&val=424&title=Dominasi Ilokusi dan Perlokusi dalam Transaksi Jual Beli

Vita Nirmala. (2015). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Komersial Sumatera Ekspres. Januari, 11(2), 139–150.

Wahyuni, S. T., Retnowaty, R., & Ratnawati, I. I. (2018). Tindak Tutur Ilokusi Pada Caption Akun Islami Di Instagram. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 11–18. https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.25

Wardhana, A. (2018). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis, 5(April 2015). https://www.researchgate.net/profile/Aditya-Wardhana/publication/327069950 Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing Ukm di Indonesia/links/5b768dd8299bf14c6daa3920/

Wijaya, S. T., Adham, M. J. I., & Rosalina, S. (2022). Variasi Bahasa Idiolek pada Tuturan Percakapan Remaja di Angkringan Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15964–15971. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4903%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4903/4174




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.17862

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yulfiha Nur Azizah, Tika Agustina, Citra Ayu Widyaningrum, Rozza Prajna Paramita, Asep Purwo Yudi Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.