Analisis Nilai Pendidikan Karakter dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter pendidikan dan nilai multikultural dari film “Raya and the Last Dragon”. Film mengandung banyak nilai-nilai Pendidikan karakterl yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi menonton film, membaca skenario, menggarisbawahi kata dan frasa, serta mengidentifikasi dan mengkategorikan data. Objek dalam penelitian ini adalah adegan dan naskah film “Raya and the Last Dragon”. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Penulis bahwa ciri-ciri karakter yang ditemukan dalam film ini adalah baik, rendah hati, percaya diri, kerja keras, pantang menyerah, peduli, dan kerja sama. Selain itu, nilai-nilai Pendidikan karakter ini juga dapat digunakan di dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya melalui kegiatan bermain peran.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019a). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114.
Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019b). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114.
Arsyad, L., Akhmad, E., & Habibie, A. (2021). Membekali anak usia dini dengan pendidikan karakter: Analisis cerita film animasi Upin dan Ipin. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), 59–71.
Brown, T. (2011). Using film in teaching and learning about changing societies. International Journal of Lifelong Education, 30(2), 233–247.
Hidayat, I., Rusly, F., & Muttaqin, I. (2022). Pendidikan karakter berbasis potensi diri di SMP NU Bantaran Probolinggo. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5112–5117.
Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 27–34.
Kesuma, D. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Kurnia, A., Susanti, S., & Mangkuwibawa, H. (2021). Hubungan antara aktivitas bermain peran dengan kecerdasan emosional anak. Jurnal Golden Age, 5(01), 14–22.
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65.
Megawangi, R. (2016). Pengembangan program pendidikan karakter di sekolah: pengalaman sekolah karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation (IHF).
Salsabila, D., Simanjuntak, M. B., & Sutrisno, S. (2022). The personality of the main characters in the film “Mulan” director Niki Caro. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Tasmara, T. (2002). Membudayakan etos kerja Islami. Gema Insani.
Yakubov, F. U. (2022). Improving communicative language skills through role playing activity. Science and Education, 3(2), 1006–1010.
Yeni, R., & Euis, K. (2010). Strategi pengembangan kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.17146
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 asti ramadhani endah lestari, Risa Mufliharsi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |