Makna Leksikal Pada Slogan Iklan Rokok Di Televisi (Kajian Semantik)

Naswah Mirzanty(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti 1) makna leksikal yang ada pada slogan iklan rokok di televisi, 2) untuk mengetahui apakah ada bahasa asing dalam slogan iklan rokok di televisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang memberikan penjelasan mengenai suatu permasalahan penelitian secara rinci berdasarkan kualitas dari tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Urutan pengumpulan data dimulai dari menyimak tayangan iklan rokok di televisi kemudian mencatatnya di sebuah kertas dan data dipindahkan ke laptop untuk dilakukan pengelompokan. Setelah itu, tahapan yang dilakukan adalah 1) mengelompokkan, 2) menganalisis, 3) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) makna leksikal yang terkandung dalam 20 slogan iklan rokok di televisi berbeda-beda. 2) Dari 20 slogan yang dikaji, terdapat 4 slogan iklan rokok yang menggunakan bahasa Inggris, yaitu pada 4 merek rokok berikut: A Mild, Marlboro, Clas Mild, Djarum Super. Serta terdapat bahasa campuran yaitu bahasa Inggris dan Indonesia pada slogan iklan rokok, yaitu pada 2 merek rokok LA Lights dan Star Mild.

Keywords


slogan; rokok; leksikal; semantik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhmad, Ramli, dkk. 2019. Slogan Politik Lokal pada Media Baliho: Suatu Kajian Semantik. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol 8, No 2:45-46.

Chaer, Abdul. 1999. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2017. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Charlie, L. 1999. Bahasa Indonesia di Iklan TV: Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu. Jakarta: Gramedia.

Kridalaksana, Harimurti. 2005. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahmawati, Nur dan Didah Nurhamidah. 2018. Makna Leksikal dan Gramatikal pada Judul Berita Surat Kabar Pos Kota (Kajian Semantik). Jurnal Sasindo Unpam, Vol 6, No 1:39-54.

Siahaan, Nysa Maydina, dkk. 2022. Analisis Makna Leksikal pada Slogan-Slogan di SMP Negeri 35 Medan. Jurnal Bahasa, Vol 11:1-10.

Subuki, Makyun. 2011. Semantik: Pengantar Memahami Makna Bahasa. Jakarta: Transpustaka.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutedi, Dedi. 2003. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang. Edisi Revisi (Cetakan kelima). Bandung: Humaniora.

Ulmann, Stephen. 2007. Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusnadi, Windra Eki, Asih Ria Ningsih, dan Rita Arianti. 2022. Analisis Slogan pada Iklan Rokok di Televisi. Journal of Literature Rokania, Vol 1, No 1:1-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.17012

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Naswah Mirzanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.