Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Bacaan Melalui Model Pembelajaran Teknik CIRC ( Cooperative Integrated Reading Composition )

Romiana Magdalena(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian tindakan ini bertujuan meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis ringkasan melalui model Pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC). Subjek penelitianini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Telaga Murni Cikarang Barat semester dua Tahun 2011/2012. Data dikumpulkan melalui beberapa cara yakni : observasi, tes awal, latihan di kelas, catatan kolaborator, dan tes akhir. Berpijak pada tes awal peneliti membuat rencana tindakan untuk kemudian di implementasikan melalui langkah- langkah dalm siklus- siklus guna meningkatkan keterampilan menulis ringkasan teks bacaan siswa. Teks akhir merupakan alat untuk mengevaluasi tindakan selama dua siklus. Instrumen dari penelitian tindakan ini adalah peneliti sendiri, kolaborator, tes, latihan- latihan yang diberikan.Terdapat beberapa aspek penilaian yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis ringkasan Bahasa Indonesia yakni : isi gagasan. organisasi, tata Bahasa dan EYD.Penelitian tindakan ini berlangsung dua siklus yang terdiri dari enam kali tatap muka dengan materi ajar sesuai dengan kurikulum . Penelitian ini dilakukan dua siklus. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan kuantitatif Peningkatan keterampilan menulis ringkasan siswa dapat diamati melalui proses belajar mengajar dan hasil tes.
 
Kata kunci : menulis ringkasan teks, CIRC

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Gie, T.L. (1994) Cara Belajar yang efisien. Yogyakarta: Liberty.

Maleong, L.J. (1988). Metodology Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada.

Omaggio, A.H. (1993) Teaching Language in context. Boston: Helle & Heinie Publishers.

Slavin, R.E. (2008) Cooperative Learning; Teori, Riset and

Praktik Terjemahan Lita Bandung: Nusa Media.

Syaiful, S., (2005) .Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Yatini. (2006). Metodologi Penelitian. Emzir:PPs UNJ.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1605

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Romiana Magdalena

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.