Pengaruh Persepsi Atas Profesionalisme Dosen dan Sarana Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Yolanda Matondang(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Akademi Litigasi Indonesia Jakarta Tahun 2013 dengan metode penelitian survei. Responden penelitian terdiri atas 100 mahasiswa D3 ALTRI Program Administrasi Peradilan, dipilih berdadarkan teknik sampel bertujuan(purposive sampling). Instrumen menggunakan angket untuk variabel persepsi atas profesionalisme dosen dan sarana belajar, sedangkan variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia menggunakan nilai jadi mahasiswa yang diperoleh dari kartu hasil studi(KHS) mahasiswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey Method. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Analisis Regresi. Uji statistika menggunakan uji-t. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menyimpulkan, pertama, secara bersama-sama persepsi atas profesionalisme dosen dan sarana belajar berpengaruh positif secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia dengan Fhitung=18, 965 lebih besar Ftabel=3,12 dan nilai sig=0,000 lebih kecil 0,05. Persepsi atas profesionalisme dosen dan sarana belajar secara bersama-sama menyumbang sebesar 28,1% terhadap variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia melalui persamaan regresi ganda Y=32,677+0,937X1+0,359X2 yang signifikan pada taraf 0,05. Kedua, persepsi atas profesionalisme dosen berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia dari pengujian diperoleh bahwa thitung (2,994)lebih besar ttabel (1,66). Persepsi atas profesionalisme dosen menyumbang sebesar 26,7% terhadap variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Ketiga, persepsi atas sarana belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia berdasarkan pengujian diperoleh bahwa thitung (1,403) lebih kecil ttabel (1,66). Sarana belajar menyumbang sebesar 21,5% terhadap variabel prestasi mahasiswa dalam mata kuliah bahasa Indonesia.

Kata Kunci: persepsi, profesionalisme, dosen, sarana belajar, prestasi mahasiswa


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (1986). DasarDasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________ (1987). Pengelolaan Materiil. Cetakan I. Jakarta: PT Prima Karya.

_________ (1993). Manajemen Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_________ (1993). Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Cetakan II. Jakarta: PT Grafindo Persada.

_________ (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

__________ (2006). Administrasi Pendidikan. Cetakan IV . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

__________ (1991). Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi (Pendekatan Sistem Kredit Semester). Bandung: SinarBaru.

___________ (1978). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, B. (2003). Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi. Cetakan I. Jakarta: PT BumiAksara.

Likert, R. (1967). The Human Organization: It’s Management and Value. New York: McGraw Hill.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Cetakan VII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, S. (2002). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.

Paryati, S. (2004). Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Purwanto, M.N. (2001).PrinsipPrinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cetakan X. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

____________ (2000). Psikologi Pendidikan. Cetakan XIX. Bandung: Remaja Rosdakarya.

____________ (2002).Teknik-Teknik Evaluasi. Jakarta: Remaja Karya.

Sardiman, A.S. dkk. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Edisi I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

________________ (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sekretariat Jendral MPR RI. (2000). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Cetakan IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Soepartono. (2000). Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Subari. (1994). Supervisi Pendidikan.Cetakan I. Jakarta: BumiAksara.

Subroto, B.S. (1998). Administrasi Pendidikan di Sekolah. Cetakan II. Jakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. (2002). Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

________ (2003). Statistika Penelitian dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D.K. (1983). Organisasi Administrasi Bimbingan Konseling di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Surya, M. (2003). Selekta Kependidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tilar, H.A.R. (2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: RinekaCipta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Cetakan I. Jakarta: Balai Pustaka.

Usman, M.U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Winkel, W.S. (1997). Psikologi Pengajaran. Cetakan IV. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1541

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yolanda Matondang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.