Pengaruh Metode Bermain Peran dan Konsep Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMK Swasta di Jakarta Selatan)

Wahyu Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu menggunakan post-test only control group design. Variabel dalam penelitian ini yaitu: penerapan metode bermain peran sebagai variabel bebas, kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris sebagai variabel terikat, dan konsep diri siswa sebagai variabel moderator yang dibedakan menjadi konsep diri positif dan konsep diri negatif. Dengan demikian, desain analisis adalah factorial 2 x 2 karena setiap faktor dalam penelitian ini menggunakan 2 kategori. Hasil dari analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan, atau dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang diberi menggunakan metode bermain peran mikro dengan yang menggunakan metode bermain peran makro. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Fo = 6,584 dan Sig. = 0,012 < 0,05, sedangkan pada konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. Atau dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang memiliki konsep diri tinggi dengan yang memiliki konsep diri rendah. Dan dalam analisis ini tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan.

Kata Kunci : Metode bermain peran, konsep diri, kemampuan berbicara


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arsjad, M.G. (1988). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Brooks, W.D. (2011). Speech Communication. Texas : Amazon.com.

Burns. (2003). Konsep Diri. Jakarta: Arcan.

Depdiknas. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Hurlock, E.B. (2001). Perkembangan Anak. Jilid2. Jakarta: Erlangga.

Mayke, S.T. (2005). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

__________ (2008). Perkembangan Anak. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

__________ (2007). Psikologi Pendidikan Dengan pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Richards, J.C and Schmit R. (2002). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics, 3rd edition. London: Longman.

Rustica. (2005). Private and public speaking. Jakarta: Yayasan Obor.

Schickedanz, J.A. (2001). Understanding Children and Adolescents. Boston: A Pearson Education Company.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka cipta.

Sugiyono. (2009).Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfa Beta.

Tarigan, D. (2006). Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tedjasaputra, M.S. (2001).Bermain mainan dan permainan untuk pendidikan Usia dini. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1512

Article metrics

Abstract views : 106 | Full Text views : 306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:

Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN ____________________________________________________

Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.