Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Mars dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdusshomad, A. (2018). Pentingnya penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 31-49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22. Diakses pada 20 Desember 2021.
Anam, M. C. (2021). Analisis nilai pendidikan karakter dalam film stip & pensil karya ardy octaviand. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Apriliany, L., & Hermiati. (2021). Peran media film dalam pembelajaran sebagai pembentuk pendidikan karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PJPs, 191-199. Diakses pada 13 Desember 2021 dari https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605.
Balitbang. (2016). Waspadai pergaulan bebas bagi generasi bangsa. Jakarta: Balitbang Hukum dan HAM. Diakses pada 03 November 2021 dari https://www.balitbangham.go.id/detailpost/waspadai-pergaulan-bebas-bagi- generasi-bangsa#.
Choeriyah, S. N. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Syamil dan Dodo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Fadlillah, M., & Khorida, L, M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini: konsep & aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathurrohman, P., Suryana, AA., & Fatriany, F. (2017). Pengembangan pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter: konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.
Helmawati. (2017). Pendidikan karakter sehari-hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan karakter: Konsep dan aplikasi living value education. Bandung: Refika Aditama.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter (konsepsi & implementasi secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Pebriandini, N., & Ismet, S. (2021). Analisis nilai-nilai karakter anak dalam film kartun animasi Nussa dan Rarra. Jurnal Edukasi, 1(1), 51-59. Diakses pada 20 Desember 2021 dari https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/19.
Poetra, B, E. (2021). MARS Mimpi Ananda Raih Semesta 2016. Diakses pada 01 November 2021 dari platform youtube https://youtu.be/TDsmbDA8UC0.
Rahayu, I. A. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film jembatan pensil karya Hasto Broto. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Saebani, B. A. (2017). Pedoman aplikasi metode penelitian dalam menyusun karya ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Pustaka Setia.
Samrin. (2016). Pendidikan karakter (sebuah pendekatan nilai). Al-TA’DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 120-143. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v9i1. 505. Diakses pada 7 Juni 2022.
Sudaryana, B. (2018). Metode penelitian teori dan praktik kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.14127
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Helena Juliarti, Eko Yulianto, Erna Megawati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |