Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Mars dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia

Helena Juliarti(1*), Eko Yulianto(2), Erna Megawati(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah menganalisis dan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam film MARS (Mimpi Ananda Raih Semesta) dan mengkaji implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan yang dilakukan dengan proses simak dan catat. Hasil dan temuan memperoleh total temuan 66 data meliputi religius sebanyak 20 temuan setara 30%, jujur sebanyak 6 temuan setara 9%, kerja keras sebanyak 6 temuan setara 9%, demokrasi sebanyak 2 temuan setara 3%, rasa ingin tahu sebanyak 6 temuan setara 9%, cinta tanah air sebanyak 1 temuan setara 2%, menghargai prestasi sebanyak 7 temuan setara 11%, bersahabat/komunikatif sebanyak 4 temuan setara 6%, peduli sosial sebanyak 8 temuan setara 12%, dan tanggung jawab sebanyak 6 temuan setara 9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai religius menjadi nilai utama yang perlu ditanamkan sebagai pedoman dalam melakukan nilai kebajikan lainnya, dan nilai-nilai tersebut dapat pula diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dalam implikasi teori menyangkut materi pembelajaran dan media pembelajaran, serta implikasi praktik menyangkut aspek peserta didik dalam aktivitas kegiatan pembelajaran.

Keywords


Nilai Pendidikan Karakter; Film; Pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdusshomad, A. (2018). Pentingnya penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 19(1), 31-49. https://doi.org/10.36769/asy.v19i1.22. Diakses pada 20 Desember 2021.

Anam, M. C. (2021). Analisis nilai pendidikan karakter dalam film stip & pensil karya ardy octaviand. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Apriliany, L., & Hermiati. (2021). Peran media film dalam pembelajaran sebagai pembentuk pendidikan karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PJPs, 191-199. Diakses pada 13 Desember 2021 dari https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605.

Balitbang. (2016). Waspadai pergaulan bebas bagi generasi bangsa. Jakarta: Balitbang Hukum dan HAM. Diakses pada 03 November 2021 dari https://www.balitbangham.go.id/detailpost/waspadai-pergaulan-bebas-bagi- generasi-bangsa#.

Choeriyah, S. N. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Syamil dan Dodo. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fadlillah, M., & Khorida, L, M. (2013). Pendidikan karakter anak usia dini: konsep & aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman, P., Suryana, AA., & Fatriany, F. (2017). Pengembangan pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter: konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Helmawati. (2017). Pendidikan karakter sehari-hari. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan karakter: Konsep dan aplikasi living value education. Bandung: Refika Aditama.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter (konsepsi & implementasi secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi & masyarakat). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, H. E. (2011). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Pebriandini, N., & Ismet, S. (2021). Analisis nilai-nilai karakter anak dalam film kartun animasi Nussa dan Rarra. Jurnal Edukasi, 1(1), 51-59. Diakses pada 20 Desember 2021 dari https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/19.

Poetra, B, E. (2021). MARS Mimpi Ananda Raih Semesta 2016. Diakses pada 01 November 2021 dari platform youtube https://youtu.be/TDsmbDA8UC0.

Rahayu, I. A. (2020). Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film jembatan pensil karya Hasto Broto. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Saebani, B. A. (2017). Pedoman aplikasi metode penelitian dalam menyusun karya ilmiah, skripsi, tesis, dan disertasi. Bandung: Pustaka Setia.

Samrin. (2016). Pendidikan karakter (sebuah pendekatan nilai). Al-TA’DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 120-143. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v9i1. 505. Diakses pada 7 Juni 2022.

Sudaryana, B. (2018). Metode penelitian teori dan praktik kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.14127

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Helena Juliarti, Eko Yulianto, Erna Megawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.