Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar

Fitria Iswari(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada saat ini mata pelajaran Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran tidak wajib. Dimana hanya mendapatkan alokasi waktu 2 jam dalam seminggu. Dalam hal tersebut menyebabkan pencapainan pembelajaran berjalan sedikit lamban. Tidak hanya menggunakan metode pengajaran yang baik namun juga menyediakan media yang baik untuk kegiatan belajar megajar. Mata pelajaran bahasa inggris pada tingkat SD/MI menekankan pada pengenalan kosakata sebagai pondasi atau dasar dalam pembelajaran bahasa inggris. Dari hasil survey di beberapa sekolah di Depok dan Kecamatan Tajurhalang Jawa Barat, para guru masih menggunakan cara tradisional dalam mempelajari kosakata baru yaitu menggunakan daftar kosakata baik yang ditulis di papan tulis maupun yang dicetak dibuku pelajaran siswa. Tujuan penelitian ini untuk menemukan efektifitas pengembangan media belajar flashcard. Penelitian ini menggunakan metode action research dengan pendekatan deskripsi kualitatif yang serta melibatkan 80 siswa dari 4 kelas yang memiliki jenjang berbeda. Hasil dari penelitian ni menunjukan bahwa pengembangan media gambar berupa flashcard memeberikan hasil yang lebih baik daripada penggunaan media belajar sebelumnya, yaitu mampu meningkat sebanyak 44%( dar nilai rata – rata 24,3 berubah menjadi 68,3)

Kata Kunci : Pengembangan, media, Flashcard, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Rasyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zaman, B., Hernawan, A.H. & Eliyawati, C. (2009). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wibawa, B & Mukti, F. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Tenaga Kependidikan.

Depdikbud. ( 2013).Permendikbud No 81A 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Depdikbud

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G. & Kusniaty, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Annamaria, P. (2006).Teacching Young Language Learners. Oxford: Oxford University Press

Read, J. (2000). Assessing vocabulary.Cambridge: Cambridge University Press

Arikunto,S., Suhardjono, & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunarsih. (2011). Pemaanfaatan Media Jaring-Jaring Bangun Ruang Tabung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surabaya : Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Suparno, P. (2008). Action Research, Riset Tindakan Untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitria Iswari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.