Relevansi Tuturan Ekspresif Webseries “Sore: Istri Dari Masa Depan” terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Meitri Setiyaningsih(1*), Laili Etika Rahmawati(2)

(1) Muhammadiyah Surakarta University
(2) Muhammadiyah Surakarta University
(*) Corresponding Author

Abstract


Ujaran ekspresif merupakan kategori tuturan yang berguna untuk mengutarakan sikap mental pembicara. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan fungsi tuturan ekspresif dalam webseries “Sore: Istri dari Masa Depan” dan relevansinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia SMA. Data bersumber dari webseries “Sore: Istri dari Masa Depan” dalam kanal YouTube Tropicana Slim. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data berwujud simak dan catat. Menyimak dilakukan guna menyusun transkripsi seri, sedangkan catat dengan mencatat tuturan yang diduga sebagai data dalam tabel klasifikasi pada lembar kerja komputer. Teknik analisis data ialah metode agih dengan teknik dasar teknik bagi unsur langsung dan teknik lanjutan ialah baca markah. Setelah dilakukan analisis menggunakan komponen tutur SPEAKING kemudian diurai bentuk tindak tutur ekspresif dengan teknik baca markah. Hasil penelitian menunjukkan tuturan ekspresif terdiri atas bentuk langsung literal sebanyak 36 data, terbagi dalam fungsi diantaranya 5 memuji, 4 berterima kasih, 10 marah, 8 mengkritik, 6 meminta maaf, 2 mengeluh, dan 1 menyalahkan serta tidak langsung tidak literal berupa 9 data ekspresif marah. Hasil temuan kemudian direlevansikan dengan materi ajar berupa pembuatan skenario pembelajaran bahasa Indonesia SMA kelas XI dalam KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan film/drama yang dibaca atau ditonton mengenakan pendekatan saintifik dan mengaplikasikan model Problem Based Learning (PBL).


Keywords


Webseries; Skenario Pembelajaran; Tindak Tutur Ekspresif

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amanda, K., & Purwasih, R. (2021). Implementasi pembelajaran daring dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan e-learning pada konsep pelasi dan fungsi untuk siswa MTs Negeri 1 Kota Cimahi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1533–1542. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1533-1542

Astawa, I. P. Y., Antartika, I. K., & Sadyana, I. W. (2017). analisis tindak tutur ekspresif dalam drama My Boss My Hero (Suatu kajian pragmatik). JPBJ (Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang), 3(3), 394–406.

Busyrowi, A., Harianti, T., Sanjaya, M., & Yuliansari, M. (2018). Analisis tindak tutur ekspresif dalam lirik lagu Ummi Kultsum. Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 10(2), 948–968.

Darmansyah, R. A., Sudiatmi, T., & Sukarno. (2021). Tindak tutur ekspresif pada novel Gitanjali Karya Febrialdi R. dan relevansinya dalam pembelajaran di SMA. Seminar Sastra, Bahasa, dan Seni (Sesanti) 2021, 44–56.

Dwijayanti, T. A., & Mujianto, G. (2020). Analisis penggunaan variasi register berdasarkan model interaksi speaking dalam media sosial Youtube. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 70–83. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3505

Ekawati, M. (2017). Kesantunan semu pada tindak tutur ekspresif marah dalam bahasa Indonesia. Adabiyy?t: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1), 1–22.

Febriyani, L., Mulyono, S., & Waluyo, B. (2017). Tindak tutur direktif dan ekspresif tayangan Negeri 1/2 Demokrasi sebagai materi ajar bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 5(1), 163–183.

Irma, C. N. (2017). Tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara rumah perubahan Rhenald Kasali. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 238–248. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1181

Islamiati, Arianti, R., & Gunawan. (2020). Tindak tutur direktif dalam film Keluarga Cemara sutradara Yandy Laurens dan Implikasi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Rokania, 5(2), 258–270.

Izar, J., Afria, R., & Kamiyatein. (2020). Forms and function of expressive speech acts in The Mahuzes Documentary Film by Watchdoc Image. Jurnal Lingue: Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(1), 1–11.

Kentary, A., Ngalim, A., & Prayitno, H. J. (2015). Tindak tutur ilokusi guru berlatar belakang budaya Jawa: Perspektif gender. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(1), 61–71.

Mahanani, R. Y., Prayitno, H. J., & Ngalim, A. (2021). Assertivness Around the 2019’s Presidential candidacy discourse on social media: A Sociopragmatic study. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 16(1), 139–150. https://doi.org/10.18860/ling.v16i1.10340

Maharani, A. (2021). Analisis tindak tutur dan fungsi tuturan ekspresif dalam acara Sarah Sechan di Net TV. Jurnal Skripta, 7(1), 15–29.

Nurhamida, & Tressyalina. (2019). Strategi bertutur dalam tindak tutur ekspresif bahasa Indonesia pada kegiatan diskusi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(4), 21–29. https://doi.org/10.24036/106907-019883

Nursiah, & Liusti, S. A. (2020). Tindak tutur ekspresif dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Lingua Susastra, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.24036/ls.v1i2.12

Putri, S., & Nurlaili. (2021). Analisis Tindak tutur ekspresif pada transaksi jual beli di Pasar Matangglumpangdua. Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(01), 15–23.

Qudsiyah, R. (2018). Tuturan memuji oleh guru laki-laki dan perempuan dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 6 Kota Malang. Nosi, 6(3), 1–11.

Rahmatika, L., & Wahyudi, A. B. (2020). Ranah ekspresif TTE (Tindak Tutur Ekspresif) warganet terhadap peristiwa banjir di Jakarta: Identitas Kultural Penutur Bahasa Indonesia. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 186–198.

Rihanah, A., Permadi, D., & Mulasih. (2021). Analisis Tindak tutur ekspresif dalam novel My Lecturer My Husband Karya Gitlicious. Hasta Wiyata, 4(2), 181–189. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2021.004.02.06

Rosdiana. (2021). Tindak tutur pappaisseng masyarakat Kajuara Kabupaten Bone. Jurnal Konsepsi, 10(3), 231–240.

Sandra, E., Nofrita, M., & Arianti, R. (2020). Analisis tindak tutur ekspresif dalam novel Hujan Karya Tere Liye. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4), 11–19.

Saputri, A. A. L. D. (2017). Penggunaan tindak tutur ekspresif dalam acara Hitam Putih di Trans7. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), 77–88.

Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2021). Tindak tutur ekspresif pada kolom komentar akun instagram Nadiem Makarim: Respons warganet terkait penundaan pembelajaran tatap muka. Seminar Nasional SAGA, 3(1), 1–11.

Sudarto. (2018). Tindak tutur direktif dalam surat dinas implementasinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia. Stilistika, 4(2), 83–92.

Sunarko, A., & Firdaus, A. M. (2021). Pendekatan saintifik dalam pengembangan metode dan strategi pembelajaran agama Islam di Indonesia. CITIZEN: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.53866/jimi.v1i2.10

Tamitiadini, D., & Lutfianto, D. (2019). representasi brand identity dalam webseries sebagai alternatif media periklanan. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1). https://doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1788

Waljinah, S., Prayitno, H. J., Purnomo, E., Rufiah, A., & Kustanti, E. W. (2019). Tindak tutur direktif wacana berita online: Kajian media pembelajaran berbasis teknologi digital. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 118–129. https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1590




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.12363

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meitri Setiyaningsih, Laili Etika Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.