Analisis Multimodal Wacana Kritis Iklan Layanan Masyarakat Bertema Vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia
(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author
Abstract
Analisis multimodal wacana kritis yang merupakan gabungan dari analisis multimodal dan analisis wacana kritis merupakan kajian yang mampu membongkar makna di balik objek penelitian multimodal. Dalam studi ini, peneliti menggunakan model analisis wacana kritis Fairclough, sistem semiotik Anstey dan Bull, dan gramatika visual Kress dan Leeuwen untuk mencari makna di balik iklan layanan masyarakat bertema vaksinasi covid-19 yang diproduksi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dapat ditemui modalitas berupa kalimat imperatif dan tindak tutur dalam iklan yang diteliti yang berfungsi sebagai ajakan untuk melaksanakan vaksinasi. Selain itu usaha penanganan pandemi covid-19 dapat terlihat melalui visualisasi dari aplikasi PeduliLindungi, praktik protokol kesehatan, persona tukang sayur, dan tokoh Endah sebagai representasi warga.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Andriana, M., & Manaf, N. A. (2022). Analisis wacana kritis Sara Mills dalam novel berkisar merah Karya Ahmad Tohari. Deiksis, 14(1), 73–80. https://doi.org/10.30998/DEIKSIS.V14I1.9961
Anstey, & Bull. (2010). Helping teachers to explore multimodal texts. Curriculum & Leadership Journal, 8(16).
Asheva, A. J., & Tasyarasita, A. Z. (2022). Case of vengeful woman in news text: Sara Mills’ critical discourse analysis. Deiksis, 14(2), 142–149. https://doi.org/10.30998/DEIKSIS.V14I2.9999
Fairclough, N. (2013). Critical discourse analysis. dalam The routledge handbook of discourse analysis. (pp. 9–20). Taylor & Francis Group.
Hermawan, B. (2013). Multimodality: Menafsir verbal, membaca gambar, dan memahami teks. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.17509/BS_JPBSP.V13I1.756
Kasali, R. (2007). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2006). Reading images: The grammar of visual design. dalam Reading Images. Routledge.
Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek warna dalam dunia desain dan periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.
Monle, L., & Johnson, C. (2007). Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global. Edisi pertama. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Grup.
PeduliLindungi. (2021). Apa itu PeduliLindungi? Dilansir melalui https://www.pedulilindungi.id/
Shu, Y., & Huang, L. (2019). The study of the gender discrimination from the perspective of multimodal critical discourse analysis a case study of the image construction of a TV commercial advertisement. International Journal of Social Sciences in Universities, 2, 126–134.
Siregar, A. L., Gurning, B., & Santoso, D. (2019). Stereotyped language about women on internet memes of meme comic indonesia (A multimodal critical discourse analysis). Linguistik Terapan, 15(2). https://doi.org/10.24114/LT.V15I2.12350
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (24th ed.). Penerbit Alfabeta.
Suprakisno, S. (2015). Analisis multimodal iklan “Indomie”. Jurnal Bahas Unimed, 26(1), 78384. https://doi.org/10.24114/BHS.V26I1.5532
Syakur, Abd., & Sumarlam, S. (2021). Analisis wacana kritis Teun A. van Dijk pada media online: Teks iklan layanan kesehatan masyarakat tentang covid-19. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS), 3(0), 591–601.
Vahid, H., & Esmae’li, S. (2012). The power behind Images: Advertisement discourse in focus. International Journal of Linguistics, 4(4), 36–51. https://doi.org/10.5296/IJL.V4I4.2658
VIVA.CO.ID. (2021, October 15). Tukang Sayur Gerobaknya Kok Ditinggal?! Dilansir melalui https://www.youtube.com/watch?v=tQAk4GLRZlQ&ab_channel= VIVA.CO.ID
Winarsih, P. S., Markhamah, M., & Prabawa, A. H. (2014). Makna Verbal Peristilahan Bahasa Pada Iklan Kendaraan Bermotor di Surat Kabar Solopos (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.11923
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- Analisis Multimodal Wacana Kritis Iklan Layanan Masyarakat Bertema Vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia
- Analisis Multimodal Wacana Kritis Iklan Layanan Masyarakat Bertema Vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia
- Analisis Multimodal Wacana Kritis Iklan Layanan Masyarakat Bertema Vaksinasi COVID-19 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia
Copyright (c) 2022 Amalia Qurrota Ayuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |