Pengaruh Gaya Belajar terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris

Natalia Tri Astuti(1*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya belajar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik kelas VIII SMP Mardi Yuana Bogor. Hipotesis yang diuji adalah terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik dengan gaya belajar auditori, kinestetik dan visual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik dengan dibantu SPSS 16.0. Sampel pada penelitian ini adalah 64 peserta didik kelas VIII SMP Mardi Yuana Bogor. Berdasarkan hasil penelitian dengan SPSS 16.0 pada taraf signifikansi ?= 0,05 diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhit > Ftab atau 16,544 > 3,148. Maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh gaya belajar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik.
 
Kata Kunci: Gaya Belajar, Auditori, Kinestetik, Visual, Kosakata


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bire L. A. dkk. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 44 No. 2 (diakses Desember 2016).

Cruse A. (2000). Meaning in Language. New York: Oxford.

Danim, S & Khairil. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Duderey, G. & Hockly N. (2007). How to Teach English with Technology. Edinburgh gate: Longman.

Hardini, I & Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu Teori, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Familia.

Hatami, S. (2013). Learning Styles. ELT Journal Advance access. Oxford.

Hornby. (2003). Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford: Oxford University.

Kartika, S. A. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic Vol 1. No.1 (diakses Desember 2016).

Madsen, S. H. (1983). Techniques in Testing. Oxford: Oxford.

Narbuko, C. & Ahmadi, A. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rientje, E. (2006). English Made Easy. Jakarta: Kesaint Blanc.

Supardi. (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk.

Supeno & Elly. (2007). Teaching English as a Foreign Language. Jakarta: Indraprasta PGRI University.

Thornbury, S. (2007). How to Teach Vocabulary. Edinburgh gate: Longman.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi.

Aksarahttp://wismasastra.wordpress.co m/2009/05/25/apa-bahasa-itusepuluh-pengertian-bahasamnurut-para-ahli/

University https://m.eltj.oxfordjournals.org www.scribd.com/doc/3932095/gayabelajar http://fkip.wisnuwardhana.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.1095

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Natalia Tri Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.