Literasi Ekologi dalam Fabel Anak Tupai Yang Jera dan Kisah Lainnya Karya Yudhistira Ikranegara

Fulusia Nurmawati(1), Septi Yulisetiani(2*)

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract


Manusia dan alam semesta memiliki hubungan yang sangat erat. Kualitas hidup manusia di masa depan sangat dipengaruhi oleh kualitas lingkungan saat ini. Untuk itu, manusia perlu menjaga dan melestarikan alam semesta. Pengetahuan cinta lingkungan harus dimiliki sejak dini. Anak-anak dapat memperoleh pengetahuan tersebut melalui cerita anak yang dibaca atau didengarnya. Penelitain terhadap cerita anak yang memuat pesan cinta lingkungan sangat diperlukan. Hasil studi pustaka dengan teknik analisis isi terhadap fabel Anak Tupai yang Jera dan Kisah Lainnya Yudhistira Ikranegara menunjukkan bahwa, cerita-cerita tersebut menyajikan sumber literasi ekologi. Hasil penelitian akan diperoleh muatan ekologis dari sumber literasi ekologi cerita seri dongeng fabel berdasarkan pembelajaran sastra yang relevan untuk sekolah dasar jika sesuai dengan pembelajaran sastra sekolah dasar. Analisis sumber literasi memuat deskripsi lingkungan dan alam semesta yang dapat dikaitkan dalam pembelajaran siswa sekolah dasar.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifah, G., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Konsep Alam Semesta Dalam Perspektif Al-Quran dan Sains. Jurnal GeoScienceEdu, (1), 5–10.

Anafiah, S., & Rezkita, S. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Komik Gigana (Digital Mitigasi Bencana) Gempa Bumi Karya Siti Anafiah Dan Shanta Rezkita. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i1.8403

Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159

Herdiansyah, H. (2018). Pengelolaan Konflik Sumber Daya Alam Terbarukan di Perbatasan dalam Pendekatan Ekologi Politik. Jurnal Hubungan Internasional, 7(2). https://doi.org/10.18196/hi.72134

Ikranegara, Y. (2017). Kumpulan Cerita Fabel Series. Lingkar Media.

Indarti, D., Dewi, H., & Sukma, S. A. (2020). Cinta Lingkungan sebagai Implementasi Nilai Karakter Religius. Sekolah Tinggi Teologi Excelsius Dunia pendidikan semakin hari semakin dihadapkan dengan berbagai tantangan yang mempersulit dan menuntut dalam me. Jurnal Teologi, Misiologi Dan Pendidikan, 4(31), 1–18.

Indriani, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Anak “Malin Kundang.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 3(2), 91. https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i2.21273

Kartikasari, M. N. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan. June.

Larasati, M. M. B. (2020). REPRESENTASI KERUSAKAN ALAM DAN NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM CERPEN KANUKU LEON KARYA CHRISTIAN DICKY SENDA. 6(3), 279–286.

Madjid, N. . (2018). Analisis metode penghitungan dan alokasi anggaran bencana alam. Simposium Nasional Keuangan Negara, 1(1), 1046–1065. https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/263

Mulasih. (2021). NILAI PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN DONGENG POT BUNGA DI TAMAN KIKI KARYA DEVI ARDIYANTI. 10(1), 71–77.

Nisa, R., & Pd, M. I. (2019). Esensi Alam Semesta Dalam Perspektif Falsafah. IV(02), 20–21.

Purwanti, K. A. (2016). RELIGIUSITAS KUMPULAN CERNAK AKU ANAK INDONESIA DARI INDONESIA DAN DIARI ANIS DARI MALAYSIA (KAJIAN SASTRA BANDINGAN). Carbohydrate Polymers, 17(1), 1–13. http://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.12.050%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.indcrop.2016.04.064%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2016.05.028%0Ahttp://xlink.rsc.org/?DOI=C6NR09494E%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.carbpol.2014.12.064%0Ahttp://dx.doi.or

Rahmawati, F. P. (2017). Kepedulian Lingkungan Dalam “ Nusantara Bertutur ”: Bentuk Penguatan Karakter Dan. Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching), 546–557. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8908/i9.pdf?sequence=1

Ratih, R. (2019). Mencipta Sastra Anak Bertema Kearifan Lokal Berbasis Pendidikan Karakter. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(2), 274–286. https://doi.org/10.33654/sti.v4i2.995

Ratnasari, A., Suryana, Y., & Apriliya, S. (2018). PEDADIDAKTKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Buku Cerita Anak berbasis Kearifan Lokal Payung Geulis Tasikmalaya untuk Siswa SD. All Rights Reserved, 5(1), 274–285. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Rohimah, E., Haerudin, D., Pascasarjana, S., & Indonesia, U. P. (2019). DALAM BUKU BACAAN SASTRA HADIAH SAMSOEDI TAHUN 1993 - 2019. 1197–1206.

Sartika, L. (2020). Asas-Asas Pendidikan Dalam Alquran dan Kedudukan Manusia Dalam Alam Semesta. Jurnal Penelitian Medan Agama. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/8634

Setyawan, B. W. (2020). Environment Preserving Character on Wayang Story Dewa Ruci: an Ecological Literature Study. Jurnal Kata, 4(1), 122. https://doi.org/10.22216/kata.v4i1.5185

Susanti, S. E. (2020). Epistemologi Manusia Sebagai Khalifah Di Alam Semesta. Humanistika, 6(1), 85–99.

Wahyuningsih, T. M. (2017). Pendidikan Cinta Lingkungan dan

Pembangunan Karakter dalam Literasi Dongeng Jepang Berjudul" Hanasaka Jiisan". 913–922.

Yulisetiani, S. (2018). Gender Construction of Banyumas Society in Perspective Prophetic Ethic on The Kubah Novel. 280(Basa), 356–361.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v15i2.10588

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Septi Yulisetiani, Fulusia Nurmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.