Leadership Bupati dalam Pembangunan di Kabupaten Tambrauw (Studi Kepemimpinan Bupati Tambrauw)

edyanto edyanto(1*), Karsiman Karsiman(2)

(1) universitas muhammadiyah sorong
(2) Universitas Muhammadiyah Sorong
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai kepemimpinan bupati dalam pembangunan  di Kabupaten Tambrauw. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis taksonomis (taxonomis analysis), Analisis taksonomi ini digunakan untuk menjabarkan secara rinci mengenai Leadership Bupati Dalam Pembangunan Di Kabupaten Tambrauw. Hasil penelitian menunjukan bahwa  sejak kepemimpinan Bapak Bupati Gabriel Asem tejadi perkembangan pembangunan yang cukup signifikan, indikatornya bukan hanya dilihat dari angka-angka statistik yang bersifat kuantitatif, hal tersebut dibuktikan penghargaan satya lencana yang telah diperoleh Bapak Gabriel Asem. Bupati Gabriel Asem adalah Bupati yang senantiasa memiliki ide-ide kreatif untuk membangun di segala bidang. Bapak Gabriel Asem adalah bupati yang komitmen membangun Tambrauw. Bapak Bupati Gabriel Asem senantiasa melakukan koordinasi dengan bawahannya, senantiasa menjelaskan visi misi yang hendak dicapai, serta dalam memimpin Kabupaten Tambrauw adalah pemimpin yang tegas dan hal tersebut dibuktikan bahwa beliau tidak terpengaruh dengan kepentingan politik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR RUJUKAN

Anggreana, V. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Employee Engagement Pada Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Bupati Bagian Uumum SETDA Kabupaten Siak. Jom Fekon , 1-13.

Imam Patkurroji, K. H. (2017). Opini Publik Internal Mengenai Gaya Komunikasi Kepemimpinan Walikota (Studi Terhadap Gaya Komunikasi Kepemimpinan Eddy Rumpoko Walikota Batu). JURNAL NOMOSLECA , 541-550.

M.Rijal, A. S. (2013). Analisis Kepemimpinan Bupati dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmu Pemerintahan , 71-76.

Mutiara Aliefty Octavina, S. S. (2013). Kepemimpinan Bupati Dalam Meningkatkan Pembangunan (Studi tentang Kepemimpinan Bupati di Kabupaten Bangkalan 2003-2013). Jurnal Administrasi Publik (JAP) , 910-917.

Rasyid, A. (2013). Analisis Gaya Kepemimpinan Bupati Periode 2014-2019 di Kabupaten Sidrap. Jurnal Ilmu Pemerintahan , 33-48.

Sonessa, Z. (2015). Citra Kepemimpinan Bupati Kuansing Di Kecamatan Inuman. JOM FISIP , 1-11.

Titit, G. (2107). Gabriel Asem Peletak Dasar Pembangunan Papua Barat (Pemimpin Visioner, Tegas, Cerdas, Rendah Hati, dan Penggerak lingkungan . Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v10i2.2693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sosio ekons

Editorial Office:

Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.