Pemanfaatan Website olx.co.id dalam Hal Membuka Peluang Masyarakat RW 09 Pela Mampang untuk Mendapatkan Penghasilan dengan Bertransaksi Online

Akbar Muchbarak(1*), Ruri Angelia(2), Agi Candra Bramantia(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini peranan internet sangat berarti bagi kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam hal penyebaran informasi, kehidupan sosial maupun ekonomi. Namun kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum memahami betul keuntungan-keuntungan yang bisa kita raih dari manfaat internet khususnya dalam hal berbisnis. Masyarakat awam masih banyak mempromosikan barang dagangan mereka dengan hanya menggunakan relasi sekitarnya karena keterbatasan tempat, waktu, dan biaya yang harus dikeluarkan, sehingga hasil yang didapat dari transaksi jual masih belum maksimal. Untuk itu perlu diberikan wawasan tambahan terkait keuntungan-keuntungan yang dapat kita peroleh dari memanfaatkan sebuah teknologi informasi. Selain itu perlu juga diperkenalkan sebuah teknologi informasi berupa iklan baris secara online ataupun e-commerce untuk meningkatkan bisnis mereka. Dalam hal ini kami mencoba menggunakan website www.olx.co.id untuk memperkenalkan salah satu pemanfaatan media internet untuk menghasilkan uang tambahan ataupun meningkatkan penghasilan dari berjualan barang ataupun jasa. Tentunya hal ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dari penjualan hasil produksi atupun barang-barang yang tidak terpakai, baik baru maupun bekas yang ada di sekitar.

Kata kunci: Internet, Teknologi, ekonomi, e-commerce, olx.co.id


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andryanto, R.D. dan Haryanto, J.O. (2010). Analisis Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness untuk Memunculkan Intention to Buy. Jurnal Manajemen Teknologi, Volume 9 (No.1), halaman 20-35.

Arifin, Z., dkk. (1992). Pemakaian Bahasa dalam Iklan Berita dan Papan Reklame. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Chaffey, D. dan Smith, P.R. (2008). E-Marketing Excellence Planning and Optimizing Your Digital Marketing. 3rd Edition. UK: Butterworth

Julisar., & Miranda, E. (2013). Pemakaian E-Commerce Untuk Usaha Kecil dan Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing. ComTech. Vol. 4. No. 2. Desember 2013. Hlm. 638-645

Spica, L. dan Robahi, L.. (2005.) Penerapan E-Commerce sebagai upaya meningkatkan persaingan bisnis perusahaan. STIE Perbanas Surabaya

Sumarwan, U. et al. (2010). Pemasaran Strategik (Perspektif Value-Based Marketing & Pengukuran Kinerja). Bogor: IPB Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i02.1876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.