https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/issue/feedJKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)2024-03-28T09:46:00+00:00Fauzi Mulyatnafauzimulyatna@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), with registered number p-ISSN: <span></span><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1447750249&1&&" target="_blank"><span>2477-2348</span></a><span></span> (print), e-ISSN: <span></span><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1447753285&1&" target="_blank"><span>2477-2682</span></a><span></span> (online), is a scientific, peer-reviewed and open-access journal in <strong>mathematics education</strong>, published by <span></span><a href="https://unindra.ac.id/" target="_blank"><span>Universitas Indraprasta PGRI.</span></a><span></span> This journal was first published in December 2015. This journal presents information of scientific articles such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, mixed-methods research, literature review, meta-analysis, survey, classroom action research and it must be in <strong>mathematics education</strong>. Therefore, article submitted to this journal must be appropriate with <span></span><a href="https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/about/editorialPolicies#focusAndScope" target="_blank"><span>focus and scope.</span></a><span></span></p> <p style="text-align: justify;">Please read <span></span><a href="https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/about/submissions#onlineSubmissions" target="_blank"><span>this guideline</span></a><span></span> carefully. Every manuscript submitted in JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) ought to follow the writing guidelines. If the manuscript does not meet the author guidelines or written in a different format, the article <strong>will BE REJECTED</strong>. Only submitted manuscript that meets JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) format will be processed further. Before submission please make sure that your paper is prepared using the journal paper template. The authors must refer to <span></span><a href="https://drive.google.com/file/d/1qzDyOPTK4fOKygVfBrO3sOxcIIXB9l8t/view" target="_blank"><span>JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) template</span></a><span></span> for writing format and style (Please download and use as a template for the initial manuscript submission).</p>https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/18399Pengembangan LKPD dengan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa2024-03-27T11:26:28+00:00Dwi Ayuningtiyasdwiayuningtiyas496@gmail.comFajar Hendro Utomofhutomo1@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD sebagai bahan ajar dengan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa<em> </em>pada materi barisan dan deret aritmetika sosial untuk siswa kelas XI dan mengetahui kevalidan, serta keefektifan LKPD berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan nilai tes hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi, serta soal tes hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (<em>Research and Development</em>) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan LKPD dengan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika di SMAN 1 Gondang, berdasarkan penilaian ahli media memperoleh skor 49 dengan persentase 87,5% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Penilaian ahli materi memperoleh skor 50 dengan persentase 89,28% sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, Pada tes hasil belajar 35 siswa dengan persentase ketuntasan belajar memperoleh 88,57% sehingga keefektifan termasuk kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, LKPD dengan pendekatan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmetika di SMAN 1 Gondang layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika untuk siswa SMA kelas XI direpresentasikan dari nilai hasil belajar siswa yang naik setelah menggunakan LKPD.</p>2023-12-29T13:04:26+00:00Copyright (c) 2023 Dwi ayu ningtiyas, Fajar Hendro Utomohttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/17717Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Make A Match Menggunakan Alat Peraga PaPebar2024-03-27T11:26:28+00:00Alham Azharialhamazhari@gmail.comCitra Utamicitrautami1990@gmail.comEmi Sulistrisulistriemi@gmail.comPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa saat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe <em>make a match</em> menggunakan alat peraga PaPebar pada materi pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 03 Tebas berjumlah 25 orang, adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan tes (tertulis) dan non-tes (Observasi Langsung). Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas menggunakan <em>Shapiro Wilk </em>& uji hipotesis menggunakan <em>n-gain, </em>selanjutnya untuk aktivitas belajar menggunakan teknik analisisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas III di SD Negeri 03 Tebas, yaitu dengan nilai <em>N-Gain</em> 0,78. Sedangkan, aktivitas belajar siswa tergolong sangat tinggi, yang ditunjukkan dengan hasil observasi pada pertemuan pertama 77,5 % dan 94% pada pertemuan kedua, dengan rata-rata 2 pertemuan 85,75% pada kategori sangat tinggi.2023-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Alham Azhari, Citra Utami, Emi Sulistrihttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/20983Tahap Plan pada Pelaksanaan Lesson Study sebagai Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar dalam Implementasi Kurikulum Merdeka2024-03-27T11:26:28+00:00Ukhti Raudhatul Jannahukhti_math@unira.ac.idAinur Rofiq Hafsirofiq@unira.ac.idHadi Sucahyonohadisucahyono64@guru.sd.belajar.idMashurat Mashuratmashurat54@guru.sd.belajar.idMarwiyah Marwiyahmarwiyah331@guru.sd.belajar.idAbdul Ghafurabdulghafur2282@gmail.comRatiyatul Kiptiyahratiatulkiptiyah50@guru.sd.belajar.idDewi Puji Astutikastutikdewipuji558@gmail.comTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap Plan yang akan dilakukan pada kegiatan LS sebagai peningkatan pemahaman konsep matematika siswa SDN Tambaan 2 dengan menggunakan media berbasis kearifan lokal. Metode penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan siklus LS yang melibatkan 1 kepala sekolah dan 4 guru kelas (1, 2, 4, 5). Hasil penelitian ini adalah (1) latar belakang pendidikan dan kompetensi guru berpengaruh dalam memberikan ide penyusunan perencanan pembelajaran, (2) guru bersama dosen dan kepala sekolah mampu menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian karakter profil pelajar pancasila, menyusun modul ajar berdiferensiasi, menentukan metode pembelajaran yang student oriented, menentukan media pembelajaran yang kontekstual dan berdasar kearifan lokal, menyusun LKPD dan asesmen (awal, formatif, dan sumatif). Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan guru dalam perencanaan pembelajaran di sekolah yang karakteristiknya sama dengan SDN Tambaan 2 Camplong, juga sebagai alternatif dalam peningkatan pemahaman konsep dasar matematika untuk mencapai karakter profil pelajar Pancasila.2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Ukhti Raudhatul Jannahhttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/21382Analisis Pemecahan Masalah Etnhic-Math HOTS Mahasiswa Tipe Climbers Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient2024-03-27T11:26:28+00:00Novia Dwi Rahmawatinoviaatwork@gmail.comSiti Faizahsitifaizah@unhasy.ac.id<p>Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah <em>Ethnic-Math </em> HOTS mahasiswa tipe <em>Climbers</em> berdasarkan langkah Polya ditinjau dari <em>Adversity Quotient</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek diawali dengan memberikan angket <em>Adversity quotient</em> pada 9 mahasiswa. Subjek penelitian yang dipilih adalah satu mahasiswa bertipe <em>Climbers</em> dengan menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket <em>adversity quotient</em>, tes pemecahan masalah <em>Ethnic-Math </em>HOTS, dan pedoman wawancara. Hasil Pembahasan dalam artikel ini bahwa mahasiswa tipe <em>Climbers</em> dapat melaksanakan seluruh empat langkah pemecahan masalah Polya dengan baik.</p>2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Novia Dwi Rahmawati, Siti Faizahhttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/20907Analisis Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Tingkat Empat pada Materi Bilangan2024-03-27T11:26:28+00:00Tatan Zenal Mutakinzmtatan74@gmail.comFauzi Mulyatnafauzimulyatna@gmail.comArif Rahman Hakimarifrahman_hakim@unindra.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematika siswa sekolah dasar (SD) tingkat empat pada materi bilangan. Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif ekploratif. Subyek penelitian adalah siswa sekolah dasar negeri yang ada di wilayah DKI Jakarta. Instrumen penelitian terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Sumber data diambil dari data primer, yaitu jawaban 407 siswa SD yang menjadi responden penelitian pada bulan Maret 2022. Analisis penelitian menggunakan model Rasch, pengolahan data menggunakan program Winstep Versi 4.4.7. Hasil analisis menjelaskan: 1) hasil kalibrasi terhadap responden didapatkan 290 dari 407 data yang sesuai dengan model Rasch, sementara kalibrasi terhadap butir soal didapatkan 21 dari 25 butir soal yang sesuai dengan model Rasch dengan indeks reliabilitas 0,97 atau sangat tinggi, 2) hasil analisis butir soal menyebutkan bahwa dari 21 butir soal yang sudah sesuai dengan model Rasch, ditemukan butir soal yang paling sukar adalah nomor 25 dan 22 dengan nilai logit = 1,24 dan 1,11, sementara butir soal yang paling mudah adalah nomor 7 dan 8. Butir soal nomor 25 dan 22 merupakan bagian dari materi bilangan desimal dan pecahan, sementara butir soal nomor 7 dan 8 merupakan bagian materi bilangan bulat. Hasil ini menjelaskan juga bahwa materi bilangan yang dianggap paling sulit oleh responden penelitian adalah materi operasi bilangan desimal dan pecahan, sementara yang paling mudah adalah materi operasi bilangan bulat. Secara umum, rata-rata kemampuan matematika siswa yang menjadi responden penelitian adalah rendah dengan nilai logit = -0,71 di bawah nilai rata-ratanya, yaitu 0,00. Untuk dapat meningkatkan kemampuan matematika, selain meningkatkan kemampuan mengajar para pendidik, juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam bidang penilaian. Penilaian yang valid, obyektif, transparan, dan berkesinambungan akan menjadi modal bagi kita mengetahui kelemahan kita dan memperbaikinya di masa-masa yang akan datang.</p>2023-12-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Tatan Zenal Mutakin, Fauzi Mulyatna, Arif Rahman Hakimhttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/15152Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika2024-03-27T11:26:28+00:00Fitria Mutiasarifitriamutiasari22@gmail.comRingki Agustinsaringki@unib.ac.idNurul Astuty Yensynurulastutyyensy@unib.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran <em>Search, Solve, Create, and Share</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (<em>quasi experiment research</em>) dengan desain <em>one group pre-test post-test design</em>. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dan sampel satu kelas eksperimen yang dipilih secara <em>nonprobability sampling</em> yaitu kelas VII D yang terdiri dari 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil <em>pre-test</em> siswa sebesar 30,27 dan rata-rata nilai <em>post-test</em> siswa sebesar 72,04. Kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari hasil <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> mengalami peningkatan sebesar 0,61 dengan kriteria peningkatan cukup efektif. Dari hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran <em>Search, Solve, Create, and Share</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 6 Kota Bengkulu.</p>2023-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Fitria Mutiasarihttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/20132Analisis Kemampuan Numerasi dalam Mengerjakan Soal Tipe AKM Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa2024-03-27T11:26:28+00:00Hanifah Qoriyanihanifa.qoriani@gmail.comErni Widiyastutierniwidiya26@gmail.com<p>Kemampuan numerasi sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan numerasi dalam mengerjakan soal tipe AKM ditinjau dari gaya kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Jatilawang menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes GEFT, tes kemampuan numerasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif <em>field dependent</em> tidak mampu memenuhi indikator numerasi yaitu menganalisis informasi, menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol, serta pemeriksaan pendapat untuk mengambil keputusan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif <em>field independent</em> hampir memenuhi semua indikator kemampuan numerasi. Kekurangannya kadang siswa kurang teliti saat membaca data di gambar atau diagram pada soal. Siswa dengan gaya kognitif <em>field independent</em> jauh lebih unggul dibandingkan siswa <em>field dependent</em> dalam mengerjakan dan menjelaskan pengerjaan soalnya.</p>2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Hanifah Qoriyani, Erni Widiyastuti, M.Sihttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/19624Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Geogebra2024-03-27T11:26:28+00:00Indah Sekar Tariindahsekar21201@gmail.comSiti Masfuahsiti.masfuah@umk.ac.idLovika Ardana Riswarilovika.ardana@umk.ac.idPenelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan pada kemampuan numerasi matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> berbantu media <em>Geogebra</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian <em>quasi eksperimental</em> dengan desain <em>pretest-posttest non-equivalent control group design</em>. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 5 SD 3 Tenggeles sebagai kelas eksperimen berjumlah 17 siswa dan SD 2 Tenggeles sebagai kelas kontrol berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes soal <em>pretest-posttes</em> kemampuan numerrasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah data normal dan homogen antara kelas eksperimen dan kontrol maka dapat dilanjutkan dengan uji hipotesis. Data hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen dengan uji N-Gain menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh sebesar 0,69. Artinya 0,30 < 0,69> 0,70 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> berbantu media <em>Geogebra</em> cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa.2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 indah sekar tarihttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/19149Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Representasi Matematis Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau dari Minat Belajar2024-03-27T11:26:28+00:00Anita Septianingrumanitaseptia090920@gmail.comDewi Mardhiyanadewimardhiyana139@gmail.comKesalahan dalam menyelesaikan soal adalah kekeliruan prosedur yang dilakukan siswa dalam permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan, faktor kesalahan, dan hubungan kemampuan representasi dengan minat belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR dengan jumlah 24 siswa. Metode yang digunakan yaitu dengan pemberian soal tes representasi dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siswa dengan kategori minat belajar tinggi melakukan kesalahan paling banyak yaitu <em>um</em> sebanyak 27,8% disebabkan siswa mengerjakan soal tidak teliti dan mengasal. Pada siswa dengan kategori minat belajar sedang melakukan kesalahan paling banyak yaitu <em>rlc</em> sebanyak 42% disebabkan siswa mengerjakan soal terburu-buru dan tidak paham prosedur penyelesaian yang dilakukan. Sedangan Siswa dengan kategori minat belajar rendah melakukan kesalahan paling banyak yaitu <em>um</em> sebanyak 50% penyebabnya yaitu siswa mengerjakan soal kurang teliti, mengasal ketika memberikan jawaban. Hasil penelitian disimpulkan kemampuan representasi memiliki hubungan dengan dengan minat belajar.2023-12-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Anita Septianingrumhttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/20398Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII2024-03-27T11:26:28+00:00Syan Risnandaiansiand88@gmail.comSutrisno Sutrisnosutrisnojr@upgris.ac.idSoelastri Soelastriiansiand88@gmail.com<p>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan Model Pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang berupa prestasi belajar dan aktivitas belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 6 yang terdiri dari 35 orang dengan materi pokok Distribusi Binomial. Penelitian ini dilakukan di semester genap pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh siswa, sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar pada siklus I adalah 73,75 dengan keaktifan belajar siswa sebesar 70,50%. Meskipun keaktifan belajar siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan, namun prestasi belajar siswa masih di bawah KKM, maka perlu dilanjutkan siklus II. Pada siklus II, semua aspek telah memenuhi kriteria keberhasilan, rerata prestasi belajar meningkat menjadi 78,50 dan keaktifan belajar siswa 75,20%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik pada aspek prestasi maupun keaktifan belajar pada mata pelajaran matematika.</p>2023-12-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Syan Risnandahttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/21208Tren Penelitian Research and Development Berbasis Pendekatan Kontekstual: Analisis Bibliometrika dan Pemetaan Informasi2024-03-27T11:26:28+00:00Lina Rachmawati2307050001@webmail.uad.ac.idSuparman Suparmansuparman@pmat.uad.ac.idTelah banyak dilakukan penelitian <em>Research and Development</em>, terkhusus dalam dunia pendidikan, akan tetapi, sebaran penelitian R&D berbasis pendekatan kontekstual belum dipetakan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memetakan terkait penelitian R&D berbasis pendekatan kontekstual yang digunakan dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini merupakan metode bibliometrika dengan data sejumlah 100 literatur yang diambil melalui <em>software app. dimensions</em> dari tahun 2017 sampai dengan 2023. Adapun hasil analisis dari pengembangan produk berbasis pendekatan kontekstual yang menjadi sebuah tren penelitian adalah model ADDIE, produk pengembangan modul, jenjang SMP, kelas 8, dan matematika.2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Lina Rachmawati, Suparman Suparmanhttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/21153Evaluasi Penggunaan Bahan Ajar Matlab untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika Mahasiswa2024-03-27T11:26:28+00:00Suharti Suhartisuharti.harti@uin-alauddin.ac.idFitriani Nurfitriani.nur@uin-alauddin.ac.idLisnasari Andi Mattolianglisnasari.andimattoliang@uin-alauddin.ac.idSri Sulasterisri.sulasteri@uin-alauddin.ac.idAndi Dian Angrianidian.angriani@uin-alauddin.ac.idA. Sriyantia.sriyanti@uin-alauddin.ac.idAndi Ika Prasasti Abrarika.prasasti@uin-alauddin.ac.idNurul Khusnahnurulkhusnah9@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan bahan ajar <em>software</em> matematika "<em>Matlab</em>" dalam meningkatkan keterampilan matematika mahasiswa pendidikan matematika di UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain <em>one group pretest-posttest</em>. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 kelas B sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi, lembar tes, dan lembar angket respon mahasiswa. Data diolah menggunakan uji N-<em>Gain</em> dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar <em>software</em> <em>Matlab</em> cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan matematika mahasiswa. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan <em>software</em> matematika hanya efektif jika didukung oleh pendekatan pembelajaran yang tepat dan terintegrasi dengan baik dalam kurikulum matematika.</p>2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Suharti Suharti, Fitriani Nur, Lisnasari Andi Mattoliang, Sri Sulasteri, Andi Dian Angriani, A. Sriyanti, Andi Ika Prasasti Abrarhttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/20482Pengaruh Model Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa2024-03-27T11:26:28+00:00Rimalita Rimalitarimalita12@gmail.comNurul Husnanuna_husna@ymail.comMariyam Mariyammariyam.180488@gmail.com<p>Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki oleh setiap siswa karena berguna bagi pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran PBL dan <em>problem posing</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Singkawang pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran <em>problem based learning</em> yang besar secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Negeri 1 Singkawang dengan nilai <em>effect size</em> yaitu 2,73, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran <em>problem posing</em> yang besar secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Negeri 1 Singkawang dengan nilai <em>effect size</em> yaitu 2,24, 3) pengaruh model pembelajaran PBL lebih besar dari pengaruh model pembelajaran <em>problem posing</em>. 4) motivasi belajar siswa tergolong tinggi setelah diterapkannya pembelajaran PBL dan <em>problem posing</em>.</p>2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 rima lita, nurul husna, mariyam mariyamhttps://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/19548Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Matematika2024-03-27T11:26:28+00:00Nur Janah2207050009@webmail.uad.ac.idNur Robiah Nofikusumawati Peninur.peni@mpmat.uad.ac.idArtikel ini bertujuan untuk mengelompokkan penelitian berdasarkan model pengembangan produk, perangkat pembelajaran, model pembelajaran, dan jenjang kelas. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Peneliti menggunakan <em>Publish or Perish </em>(POP) untuk mencari 100 referensi literatur dari <em>database Google Scholar</em>, dengan rentang tahun 2019 hingga 2023, menggunakan kata kunci "pendidikan karakter" dalam judul artikel, dengan batasan pencarian hingga 100 artikel. Berdasarkan analisis literatur yang dilakukan, menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter di berbagai jenjang masih perlu diperbaiki karena kurangnya penerapan yang efektif. Banyak peneliti telah mengembangkan produk dan model pembelajaran untuk memperkuat pendidikan karakter. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut di bidang pendidikan karakter. Artikel ini diharapkan menjadi referensi bagi dunia pendidikan dan masyarakat umum.<pre> </pre>2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/19635Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly2024-03-28T09:46:00+00:00Rosida Aqmal Fatkyarosidafatkya@gmail.comBintang Wicaksonobintang@upy.ac.id<p>Penelitian bertujuan mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematika, penggunaan aplikasi <em>Brainly</em><em>, </em>serta hasil analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu 32 siswa dan dianalisis 6 siswa secara mendalam. Instrumen pada penelitian ini berupa angket kuisioner penggunaan aplikasi <em>Brainly</em><em> </em>sebanyak 22 butir pernyataan dilanjutkan tes dengan 4 butir soal kemapuan pemecahan masalah matematika materi bentuk aljabar, serta wawancara tidak terstruktur. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengisian angket kuisioner penggunaan aplikasi <em>Brainly </em>dalam pemecahan masalah matematika, kemudian menjawab soal kemampuan pemecahan masalah matematika, lalu menjawab uraian pertanyaan wawancara. Hasil temuan untuk kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan <em>Brainly</em> memperoleh hasil penggunaan <em>Brainly</em> kategori rendah terdapat siswa yang memperoleh hasil kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi.</p>2023-12-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Rosida Aqmal Fatkya, Bintang Wicaksono