PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Farel Zefanya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Metode penlitian yang digunakan adalah metode survei dengan analisis korelasional yang dilakukan pada siswa kelas X SMK RAFLESIA Depok tahun ajaran 2015/2016.Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penyebaran angket untuk mengukur kecerdasan intrapersonal dan kedisiplinan belajar, sedangkan prestasi belajar matematika menggunakan metode kuesioner tes soal .Data dianalisis terlebih dahulu dengan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, uji linieritas regresi, dan uji multikolinieritas.Setelah uji persyaratan analisis data terpenuhi, dilakukan analisis inferensial untuk pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika; (2) terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap prestasi belajar matematika; (3) terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika.

References


Adriyati, Meida dan Nursa’adah, Fatwa Fatimah. 2015. Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan intrapersonal terhadap berpikir kritis matematika peserta didik .Dalam Leonard dkk (Editor).Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2015. Vol 1: 389-394. Jakarta: UNINDRA Press.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Koswara, A.R dkk.(2015, February).Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Retrieved November 28, 2015, from http://ejournal.unpak.ac.id.

Murizal, dkk. 2012. Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 19-23.

Nenobahan, Epriosan O. dkk. 2015. Peningkatan kemampuan analogi matematis siswa smp menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing.Dalam Leonard dkk (Editor).Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2015. Vol 1: 94-99. Jakarta: UNINDRA Press.

Rahman, A.R. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan, dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Jurusan Teknik Audio Video SMK negeri 3 Yogyakarta. Retrieved Desember 12, 2015, from http://eprints.uny.ac.id/9495/

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Eveline dan Nara, Hartini.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Supardi, U.S. 2014. Peran Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan matematis logis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Formatif, 4(2): 80-88. Jakarta: UNINDRA.

Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat

http://www.klikpositif.com/news/read/19703/singapura-peringkat-1-pendidikan-terbaik-dunia-indonesia-69.html tanggal 13 mei 2015

http://news.metrotvnews.com/read/2014/10/23/309278/indonesia-juara-umum-olimpiade-matematika-dan-sains-di-india.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2772

Article Metrics

Abstract view : 25 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.