PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Ikhbar Hafidzino Paranduri

Abstract


Untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis melalui model pembelajaran project based learning. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dari 8 kelas, didapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-ekivalen. Jumlah sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan : Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori sedang. Disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori sedang. Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran project based learning yang termasuk ke dalam kategori rendah.

References


Djamarah & Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non Eksaktalainnya. Bandung: Tarsito

Nurrochmatunnisa, D. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis bagi Siswa Kelas IX MTS. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang.[20 Desember 2014. Pukul 19.11 WIB]

Pritasari, A. D. M. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Yogyakarta pada Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/2384/1/skripsi_%28ajeng_desi-07301241049%29.pdf [Oktober 2014. 3.45 WIB]

Somakim, 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menggunakan Pendidikan Matematik Realistik. Universitas Sriwijaya Palembang [Online]. Tersedia:http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CCAQFjAA&url=http%3A%2F%2Feprints.unsri.ac.id%2F1526%2F1%2F08-Somakim_Matematika-%25284248%2529.pdf&ei=E2aVVMbhBYzluQTmmoKICQ&usg=AFQjCNHwUv7RtgmlFG7VKEcyYVgk6z0LDA&bvm=bv.82001339,d.c2E




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2771

Article Metrics

Abstract view : 12 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.