PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Ika Sufatihah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa. Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah survey.Sampel berjumlah 80 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa kelas X SMK Swasta di Jakarta Barat semester ganjil tahun ajaran 2014/ 2015.Pengumpulan data dilaksanakan dengan penyebaran kuisioner (angket) untuk variabel motivasi berprestasi dan kemandirian belajar dan data nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2014/ 2015, untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa.Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, koefisien korelasi parsial, koefisien korelasi ganda dan analisis regresi.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2015.Teknik sampling random dilakukan dengan mengundi nomor siswa acak, dari daftar nomor siswa 1-111.Dengan demikian sampel terpilih 80 siswa dari 111 siswa yang ada. Dengan analisis regresi := 71,347+ 0,086.X1 + (-0,48).X2. Dari persamaan tersebut menunjukkan hasil penelitian : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa. F0 = 1,803 dan Sig. = 0,172 > 0,05;  2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung = 1,688 dan Sig. = 0,095 > 0,05;   3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai  thitung = -1,028 dan  Sig. = 0,307 > 0,05.


Full Text:

PDF

References


A.M. Sadirman, (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rajawali Pers.

Hiemstra.(1994). Self-Directed Learning. In T. Husen & T. N. Postlewaite (Eds),The International Encyclopedia of Education (second edition). Oxford: Porgomon Press.

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/2584/3/T1_202008085_BAB%2520II.pdf&ved=2ahUKEwi0oOHqrlDdAhXBYysKHQOaBtMQFAAegQIBBAB&usg=AOvVaw263GtasjlG4ec288IAJ5dx

Rivai, Veithzal (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukayati.(2003). Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional.

Yatim Riyanto. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2770

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 18 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.