PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG PENGUKURAN SUDUT MELALUI DEMONSTRASI MEDIA GAMBAR DAN PEMBERIAN TUGAS BERMAKNA

Nendah Supriatiningsih

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa setelah diterapkannya metode belajar melalui demonstrasi, media gambar dan pemberian tugas bermakna pada siswa kelas V SD terutama pada materi tentang pengukuran sudut. Penelitian ini dilakukan dengan metode PTK di kelas V SD Negeri Sukamah 1 dengan jumlah siswa sebanyak 26. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada saat pembelajaran pra siklus, nilai rata – rata matematika hanya 5,3 di bawah  standar KKM. Sekitar 50% peserta didik tidak menguasai materi yang telah disampaikan oleh guru. Setelah dilakukan siklus I, terlihat ada peningkatan nilai rata – rata siswa yaitu 6,3. Artinya sudah mendekati kriteria KKM. Untuk itu diadakan  perbaikan pembelajaran siklus II. Pada siklus ini, hal yang diharapkan dan menjadi tujuan penelitian mendekati 100 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode belajar melalui demonstrasi, media gambar dan pemberian  tugas bermakna dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi pengukuran sudut kelas V SD Negeri Sukamanah 1

References


Alhaddad, Idrus. Perkembangan Pembelajaran Matematika Masa Kini. Delta-Pi:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.4, No.1.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri, Aliem. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soedjadi.2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa ini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Suyitno, A. 2000. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA UNNES.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2769

Article Metrics

Abstract view : 10 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.