UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELARATED INTRUCTION (TAI) DIKELAS 10 AP SMK YASPIH RAJEG TANGERANG

Ulyati Ulyati

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar  peneliti mengalami  masalah dalam mengajar matematika khususnya dikelas 10 SMK YASPIH RAJEG, kecamatanRajeg, kabupaten Tangerangyang  matematika. Beranjak dari permasalahan itu, peneliti mencoba memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada Penelitian Tindakan Kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 10 AP SMK YASPIH RAJEG  kecamatan Rajeg kabupaten Tangerang yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013 yaitu dari bulan Januari sampai bulan Februari 2013. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif, hasilnya dalam pelaksanaan siklus I, II dan III terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dariobservasi maupun evaluasi dari siklus I, II dan III terdapat perubahan pada hasil evaluasi yaitu pencapaian rata – rata kelas pada siklus I hanya 62 dengan tingkat ketuntasan 14,71% (5 siswa) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 66,17 dengan tingkat ketuntasan 52,96%  (18 siswa) pada siklus ke III menjadi 80,13 dengan tingkat ketuntasan 91,19% (31 siswa). Hal ini menunjukan bahwa, metode pembelajaran kooperatif cukup efektif dalam meningkat kanhasil belajar siswa khususnya matapelajaran matematika siswa kelas 10 SMK YASPIH RAJEG

Full Text:

PDF

References


Hasbullah. Dasar Ilmu Pendidikan. 2005. Jakarta. Penerbit: PT RajaGrasindo Persada

Nana Syaodih Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Karim, Abdul. 2017. Pengaruh Metode Mencongak Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM Vol. 2 No. 2 Juni 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2766

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 13 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.