UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PERTANYAAN TERBUKA, PENEMUAN DAN DISKUSI

Wiharyanti Wiharyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau deskripsi mengenai bagaimana proses pembelajaran matematika dengan metode pertanyaan terbuka, penemuan, dan diskusi dapat mengembangkan kreativitas siswa kelas X semester 1 SMA N 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilakukan dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi. Data untuk mendeskripsikan  bagaimana proses pembelajaran matematika dengan metode pertanyaan terbuka, penemuan, dan diskusi dapat mengembangkan kreativitas siswa diperoleh dari catatan lapangan dan hasil observasi. Data dari angket kreativitas siswa untuk memperkuat perdeskripsian tersebut.Tes pada setiap akhir siklus digunakan untuk mendukung hasil penelitian. Tindakan yang dilakukan pada kedua siklus tersebut telah dapat mengembangkan kreativitas siswa.Hal ini diperkuat dengan hasil analisis dari angket. Tingkat rata-rata kreativitas siswa mengalami peningkatan, yakni sebelum tindakan, rata-rata skor total kreativitas siswa 36,068 termasuk dalam kategori cukup, sesudah siklus I rata-rata skor total kreativitas siswa 48,205 termasuk dalam kategori baik, dan pada akhir siklus II rata-rata skor total kreativitas siswa 52,97 termasuk dalam kategori baik.

Full Text:

Tidak berjudul

References


Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Implementas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munandar, S.C.Utami.1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Penuntun bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Ratnawati, Sinta. 2002 Mencetak Anak Cerdas Dan Kreatif: Kumpulan Artikel Kompas. Jakarta: Sufina Insani

Suyanto & Djihad Hisyam. 2000. Refleksi Dan Reformasi Pcndidikan Di Indonesia Memasuki Milenium III.Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Stepelman, Jay & Posamaintier, Alfred S. 1990. Teaching Secondary School Mathematics: Techniques and Enrichment Units Third Edition. Colombus: Merril Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2765

Article Metrics

Abstract view : 12 times
Tidak berjudul - 10 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.