PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Yulia Septiani

Abstract


Pengaruh Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar matematika. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh locus of control terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expose facto dengan analisis komparasi yang dilakukan pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Cikarang Barat, Kab. Bekasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang peserta didik yang diambil dengan cara random dari populasi terjangkau sebanyak 207 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam bentuk angket sebanyak 30 butir pernyataan dan sudah divalidasi secara empirik. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif dan inferensial menggunakan , dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh simpulan terdapat pengaruh yang signifikan dari locus of control internal terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jawa Barat. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai    yaitu 6,610  1,960.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Adrianto, H. 2014. Pengaruh Locus Of Control dan Aktivitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Statistika dan Tegangan pada Siswa SMKN 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(1): 50-58.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bety dan Laily. 2013. Pengaruh Locus Of Control terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan: 11-18.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah dan Suparman. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran Terpadu Teori Praktik dan Penilaian.

Indrawati, F. 2013. Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(3): 215-223.

Lefcourt, H. M. 1982. Locus of control: Current trends in theory and research. Hillsdale, NJ: Lawrence Elbaum Associates.

Leonard. 2013. Kajian Peran Konsistensi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematik. Jurnal Formatif, 3(2): 97-104.

Mushaeri. 2013. Pengukuran Motifasi Berprestasi, Locus Of Control, Self Leadership, Kompetensi dan Kinerja Guru. http://www.stkippgrismp.ac.id/pengukuran-motivai-berprestasi-locus-of-control-self-leadership-kompetensi-dan-kinerja-guru/, diakses pada tanggal 8 Januari 2015.

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru–Karyawan–Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rotter, J. B. 1996. Generalized Ekspectancies for Internal Versus Eksternal Control Reinforcement. Pshycologycal Monographs, 80, No.609.

Shadiq, F. 2009. Apa dan Mengapa Matematika itu Penting. Diakses dari http://fadjarp3g.files.wordpress.com/2009/10/09-apamat_limas_pdf pada tanggal 8 januari 2015.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Surapranata, S. 2006. Analisis Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suriasumantri, J. 2010. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1898

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 102 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.