PENGARUH SIKAP SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Yani Purnomo

Abstract


Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian survei korelasional regresi ganda ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika; (2) Mengetahui pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika; dan (3) Mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tamansari Bogor, Jawa Barat, pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dimana banyaknya sampel adalah 72 responden yang diambil dari populasi terjangkau berjumlah 255 responden. Instrumen yang digunakan berupa tes untuk prestasi belajar matematika serta berupa angket untuk sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa, dimana semua instrumen untuk masing-masing variabel sudah divalidasi secara empirik. Pengujian hipotesis dengan uji  dan uji  dilakukan setelah data memenuhi uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Full Text:

PDF

References


Hakim, A. R. 2015. Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Spiritual dan Sikap Peserta Didik pada Pelajaran Matematika.Dalam Leonard, dkk, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (hlm.47-54). Jakarta: Unindra Press.

Haroen, Z. A. 2015. Pengaruh Kemandirian Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Dalam Leonard, dkk, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (hlm.494-498). Jakarta: Unindra Pres.

Leonard dan Supardi (2010:342) Leonard dan Supardi. 2010. Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 29, (3), 341-352.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P. dan Timothy A. J. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Suhendri, H. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika, http://journal.lppmunindra.ac.id/index. php/Formatif/article/view/61/63,diakses pada april 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 edisi 2009. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung, Depdiknas, Citra Umbara.

Walgito, B. 2003. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: ANDI.

Wiyani, N. A. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 62 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.