PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN POSITIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Melia Kristania

Abstract


Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif  dan Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Penelitian survei korelasional regresi ganda ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir positif secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika; (2) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar matematika; dan (3) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir positif siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di SMK Assalam, Kelurahan Cisalak, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, dimana banyaknya sampel adalah 93 responden yang diambil dari populasi terjangkau berjumlah 122 responden. Instrumen yang digunakan berupa tes untuk prestasi belajar matematika serta berupa angket untuk kemampuan berpikir kreatif  dan positif siswa, dimana semua instrumen untuk masing-masing variabel sudah divalidasi secara empirik. Pengujian hipotesis dilakukan setelah data memenuhi uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis penelitian dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir positif secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir positif siswa terhadap prestasi belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Al Magety dan Abu Nayla. 2010. Metode Terapi Positif Thinking. Yogyakarta: Moncer Publisher.

Andiny, Y. 2013. Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif, 3 (2): 126-135.

Aulia, M. 2010. Obat Cespleng Bisa Berpikir Positif. Yogyakarta: Flash Book.

Devianti, I. 2014. Tips Trik Kilat Menciptakan Pikiran dan Kepribadian Positif. Yogyakarta: Parasmu.

Elfiky, I. 2014. Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman.

El-Qudsy, I. 2010. Keajaiban Berpikir Positif. Yogyakarta: Media Baca.

Malaka, S. 2011. 99 Tips Cerdas dan Efektif Berpikir Positif dan Berjiwa Besar. Yogyakarta: Aksara.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Surya, M. 2014. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru, untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. dan M. Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B., Masri Kudrat Umar dan Keysar Panjaitan. 2014. Variabel Penelitian Dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: Ina Publikatama.


Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 28 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.