PENGARUH TASK COMMITMENT DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Juminah Juminah

Abstract


Pengaruh Task Commitment dan Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh task commitment dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan analisis korelasional. Instrumen yang digunakan dalam bentuk angket sebanyak 30 soal pernyataan dan sudah divalidasi secara empirik. Hasil penelitian dilakukan analisis ANAVA dua arah dan mendapatkan hasil sebagai berikut: Hipotesis pertama terdapat pengaruh interaksi antara task commitment dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika. Hipotesis kedua terdapat pengaruh yang signifikan task commitment tinggi dan task commitment rendah terhadap prestasi belajar matematika. Hipotesis ketiga terdapat pengaruh yang signifikan antara locus of control internal dan locus of control eksternal terhadap prestasi belajar matematika. Hipotesis keempat, sebagai berikut: (a) Menunjukkan adanya pengaruh task commitment tinggi dan task commitment rendah pada locus of control internal; (b) Menunjukkan adanya pengaruh task commitment tinggi dan task commitment rendah pada locus of control eksternal; (c) Menunjukkan adanya pengaruh locus of control internal dan locus of control eksternal pada task commitment tinggi; (d) Menunjukkan adanya pengaruh locus of control internal dan locus of control eksternal pada task commitment rendah. Secara keseluruhan peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh baik secara bersama-sama maupun secara terpisah antara task commitment dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman dan Rukun Islam. Jakarta: Penerbit Arga.

Bety dan Laily. 2013. Pengaruh locus of control terhadap hasil belajar mahasiswa akuntansi. Jurnal pendidikan, 11(2): 17.

Djiwandono, S. E. W. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Hawadi, R. A. 2002. Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui metode Non Tes. Jakarta: Grasindo.

Locke, E. A. dan Latham, G. P. 2002. Building a Practically Useful Teori of Goal Setting and Task Motivasion. American Psichologyst vol. 57 no 9.

Razali, R, Jantan, S., dan Hasyim. 2004. Psikologi Pendidikan. Pahang: PTS Internasional.

Robbins dan Jugde. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Syafira, M. dan Sulistiani. 2011. Hubungan antara Dukungan Orang Tua dengan Komitmen terhadap Tugas (Tak Commitment) pada Siswa Akselarasi tingkat SMA. Jurnal pendidikan 13 (1): 3.

Widyaninggar, A. A. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus kendali (Locus of Control) terhadap Presatasi belajar Matematika. Jurnal formatif, 4(2): 92.

Wijayanti dan Taman, A. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Akuntasi Siswa SMK Batik Perbaikan Purworejo. Jurnal pendidikan, 5(2): 151-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1894

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 121 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.