PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Prana Hevriansyah
Priarti Megawanti

Abstract


Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. Kemampuan awal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar matematika dari peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian survei korelasional dengan analisis regresi sederhana pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 2 Cikarang Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik yang diambil dengan cara random dari populasi terjangkau sebanyak 481 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik tes tulis dalam bentuk soal multiple choice dan essay. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan secara inferensial yang terlebih dahulu menguji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui hitung tabel (4,426  2,001), dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5% terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gafur, A. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Sekolah.

Hasanah, S. dan Suparman. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: LPPM Universitas Indraprasta.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nasution, M. A. 2000. Didaktif Asas-asas Mengajar. Bandung: Jemmar.

Rusyan, Tabrani, Arifin, Zainal Kusdinar, Atang Shiddieqy, TM. Hasbi Ash Haque, M. Atiqul Rahmat, Budi Larasati, Evi Gunadi, dan Ude D. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Semiawan, C. R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Macana Jaya Cermelang.

Simanjuntak, L., Poltak Manurung, dan Domi C. Matutina. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhendri, H. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif. 3(2): 108.

Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutikno, M. S. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Article Metrics

Abstract view : 141 times
PDF - 264 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.