PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP DAN KOMITMEN DIRI PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA

Arif Rahman Hakim

Abstract


Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Sikap dan Komitmen Diri Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan sikap dan komitmen diri peserta didik terhadap prestasi belajar matematika, untuk mengetahui pengaruh sikap peserta didik terhadap prestasi belajar matematika, dan untuk mengetahui pengaruh komitmen diri peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini adalah penelitian survai pada peserta didik kelas VII di Panglima Besar Soedirman International Islamic Junior High School (PBS-IIJHS). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang peserta didik yang diambil dengan cara random dari populasi terjangkau sebanyak 207 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik tes tulis dalam bentuk soal multiple choice dan essay, serta teknik nontes dalam bentuk kuesioner yang terlebih dahulu divalidasi secara empiris. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan secara inferensial yang terlebih dahulu menguji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sikap dan komitmen diri peserta didik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan sikap peserta didik terhadap prestasi belajar matematika. Serta terdapat pengaruh yang signifikan komitmen diri peserta didik terhadap prestasi belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Akbar, R. dan Hawadi. (2002). Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non-Tes. Jakarta: Grasindo.

Baiquni, A. 2016. Siswa Madrasah Jakarta Juara Olimpiade Matematika Dunia. Diakses pada 31 Agustus 2016, dari http://www.m.dream.co.id.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, A. R. 2015. Analisis Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Spiritual dan Sikap Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. Prosiding SNPM Unindra 2015. Jakarta: Unindra Press.

Hartati, L. 2013. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Peserta didik pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif, 3 (3): 224-235.

Karim, A. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Peserta didik pada Pelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif, 4 (3): 188-195.

Metropolis. 2016. Raih Medali Emas Kompetisi Matematika International. Diakses pada 31 Agustus 2016, dari http://www.pontianakpost.co.id.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2005. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Puspitasari, S. N. 2016. Indonesia Raih Emas di Olimpiade Matematika. Diakses pada 31 Agustus 2016, dari http://www.pikiran-rakyat.com.

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P. Dan Jugde, T. A. 2008. Perilaku Organisasi: Organizatinal Behavior. Jakarta: Salemba Empat.

Rosa, N. M. 2012. Pengaruh Sikap pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia. Formatif, 2 (3): 218-226.

Ruhiyat, Y. 2011. Pengaruh Konsep Diri dan Sikap Peserta Didik pada Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas X SMA (Survei pada Peserta didik Gugus 01 SMA di Kota Tangerang Selatan). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Sujianto, A. E. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Media Wacana.

Walgito, B. 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1892

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 46 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.