PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KONSISTENSI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Meinar Komala Dewi Komala Dewi Dewi

Abstract


Pengaruh  Kecerdasan Interpersonal dan Konsistensi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan pada bulan Mei 2016 ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal dan konsistensi diri terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X di SMA Bunda Kandung Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai korelasional. Populasi dalam penelitian adalah semua peserta didik kelas X di SMA Bunda Kandung yang terdiri dari 2 kelas  dengan jumlah 48 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh, sehingga yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah 48 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Genap untuk variabel prestasi belajar matematika dan pengisian kuesioner oleh peserta didik untuk variabel kecerdasan interpersonal dan variabel konsistensi diri. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan regresi ganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F, menunjukkan  dan  pada taraf signifikansi ? = 0,05 yang berarti , sehingga peneliti dapat menarik simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal dan konsistensi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas X di SMA Bunda Kandung Jakarta.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Supriyono W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono. 2014.

Leonard. 2013. Kajian Peran Konsistensi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2): 97-104.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 1 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.