PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Nur Afiani

Abstract


Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan  kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika, dan mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika Metode yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah metode survei. Populasi terjangkau
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Daarussalaam Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes uraian (essay) yang terdiri dari 11 butir soal untuk soal kemampuan komunikasi matematis dan angket terdiri dari 25 butir soal. Sedangkan prestasi belajar matematika bersumber dari dokumen sekolah berupa nilai Ujian Tengah Semester (UTS) kelas VII pada semester genap. Teknik analisis data yang digunakan melalui statistik deskriptif,koefisien korelasi ganda, dan analisis regresi. Disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika. Terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika dan terdapat pengaruh yang signifikan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Yogyakarta: Media Wacana.

------ 2005. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang isempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.

------ 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Devi, L. S. 2014. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar

Matematika Siswa (Survei pada siswa kelas VIII di SMP Al-Muslim Tambun

Selatan Bekasi). Jakarta: FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI.

Haroen, Z. A. 2015. Pengaruh Kemandirian Siswa terhadap Prestasi Belajar

Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ISBN. 978-6021108-46-8.Universitas Indraprasta PGRI.

Jazuli, A. 2009. Berpikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. http://eprints.uny.ac.id/7025/1/P11-Akhmad%20Jazuli.pdf. Diakses 20 Desember 2015.

Leonard. 2013. Kajian Peran Konsistensi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 3(2): 97-104. Universitas Indraprasta PGRI.

Nursobah, A. 2009. Hubungan Antara Kemandirian Belajar, Komunikasi Interpersonal dan Identitas Sosial dengan Hasil Belajar Agama Islam. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Ramdhana, Y. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral”. http://jurnal.upi.edu/file/6-yani_ramdhana-edi.pdf. Diakses 20 Desember 2015.

Sugandi, A. I. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan setting Kooperatif Jigsaw terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/31. Diakses pada 20 Desember 2015.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian: Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Ufuk Publishing House.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wahyuningrum, E. 2013. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik dengan MEAs (Developing Mathematical Communication Skills for Junior High School Students). Jurnal Pendidikan, Vol. 14 (1), Maret 2013, 1-10.

West, R dan Lynn H. T. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Buku 2) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1844

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 625 times

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Editorial Office:
Department of Mathematics Education
Faculty of Educational Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Campus B : Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 Telp. (021) 87797409 – 87781300

Flag Counter


View My Stats


Creative Commons License
JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.