Alih Kode (Code-Switching) pada Jejaring Sosial Path

Rosdiana Rosdiana(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Alih kode, perubahan kode dalam penggunaan bahasa merupakan fenomena bahasa dalam masyarakat bilingual atau multibahasa. Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan banyak perubahan bahasa juga terjadi di internet termasuk situs jejaring sosial seperti Path. Penelitian ini adalah tentang bagaimana alih kode dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris ditunjukkan pada jejaring sosial Path. Penelitian ini berfokus pada jenis alih kode, pola bahasa, tema, dan fungsi alih kode. Data kode- beralih statusnya jalan dianalisis dengan teori alih kode oleh Poplack (1980), Gumperz (1982), dan Romaine (2000). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan jenis alih kode di Path saling sentential dan intra beralih sentensial. Kedua jenis alih kode disajikan dalam kata-kata, frasa, dan kalimat. Alih kode pada kata adalah kata benda, kata sifat, kata keterangan, dan kata kerja. Frasa dalam kode-switching kata benda, kata sifat, adverbial, dan frase preposisional. Sedangkan alih kode kalimat yang ditemukan di Path tunggal, majemuk, dan kalimat kompleks. Tema dalam alih kode pada Path mencakup tema yang berkaitan dengan kehidupan sosial, akademik, dan pribadi dari pengguna bahasa. Fungsi alih kode dalam status dianalisis adalah untuk mengekspresikan emosi dan makna tertentu, untuk memaksakan makna tertentu, dan untuk menunjukkan identitas bahasa pengguna.

Keywords


Alih Kode; Jenis Alih Kode; Fungsi Alih Kode; Tema Alih Kode; Path;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Crystal, David. (2003). English as a Global Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Fromkin, Victoria, Rodman, R., and Nina, H. (2011). An Introduction to Language Ninth Edition. Wadsworth Publishing.

Giussani, et al. (2007). Intraoperative Language Localization in Multilingual Patienys and Glioms. Neurosurgery.

Hymes, Dell. (2003). Ethnography, Linguistics, Narrative Inequality. Taylor and Francis.

Nilep, Chad. (2006). “Code Switching” in Sociocultural Linguistics. Colorado Research in Linguistics, Vol. 19 June 2006. Boulder: University of Colorado.

Ohoiwutun, Paul. (2007). Sosiolinguistik Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan kebudayaan. Jakarta: Kesaint Blanc.

Piantari, Lusi Lian, dkk. (2011). Alih Kode (Code-Switching) Pada Status Jejaring Sosial Facebook Mahasiswa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol. 1 No. 1 Tahun 2011.

http://tekno.liputan 6.com




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter