IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN CLAROLINE

Indah Purnama Sari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Globalisasi mengisyaratkan tuntutan bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkualitas dan memiliki kemampuan untuk menggunakannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh dunia pendidikan untuk mampu berkompetisi di era globalisasi adalah dengan mengintegrasikan TIK ke dalam proses belajar.Salah satu bentuk integrasi TIK dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan pembelajaran elektronik berbasis internet (e-learning). Claroline adalah salah satu sistem (perangkat lunak) untuk mengelola e-learning. Claroline cukup sederhana, dan intuitif (multibahasa, termasuk bahasa Indonesia) sehingga mudah digunakan oleh pemula.Sebenarnya, hingga saat ini di Indonesia, e-learning tidak bisa sepenuhnya menggantikan aktivitas belajar konvensional di ruang kelas, namun e-learning bisa dijadikan suplemen atau pelengkap pembelajaran. Penggunaan e-learning dalam proses belajar dan pembelajaran memungkinkan terciptanya sumber daya manusia yang mengenal dan mampu berinteraksi serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (internet).
Kata kunci: Claroline, e-learning


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).