ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP GAYA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KHARISMAWITA JAKARTA SELATAN

Imam Sibawaih(1*), Anita Tri Rahayu(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap gaya belajar siswa di SMA kharismawita Jakarta Selatan. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode survey dengan 2 variabel, yaitu variabel x dan variabel y, dengan menganalisis tentang pola asuh orang tua yang berdampak pada gaya belajar siswa di sekolah. Sampel dalam penelitian ini dilaksanakan secara sampling random (acak). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yaitu jumlah sampel ideal pada setiap populasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket tertutup. Perhitungan statistik menggunakan uji hipotesis yaitu uji t. Nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 0,64%, berarti kontribusi hubungan variable X (pola asuh orang tua) hanya sebesar 0,64% saja, sisanya sebesar 99,36% dipengaruhi oleh faktor lain Hasil uji hipotesis dengan t tabel pada df = 30 – 2 = 28 dengan taraf signifikasi 10% didapat hasil 1,313. Sehingga hipotesis alternative (Ha) ditolak yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variable X (pola asuh orang tua) dengan variable Y (gaya belajar siswa). Adapun alasan ditolaknya Ha dan diterimanya Ho adalah karakteristik siswa di SMA kharismawita yang berusia remaja dimana pada usia ini anak sudah dapat menentukan pola belajar sesuai dengan karakteristik pribadinya tanpa pengaruh dari lingkungan di luar dirinya.
Kata Kunci : Pola asuh orang tua dan gaya belajar siswa.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).