HOMESCHOOLING SEBAGAI SEKOLAH ALTERNATIF RAMAH ANAK

Rosalina Dewi Heryani(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Homeschooling merupakan sebuah sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan dirumah dengan memanfaatkan seluruh dunia sebagai ruang kelas. Homeschooling sebagai sekolah alternatif ramah anak dengan pendekatan student center. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam tentang homeschooling. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengkaji referensi dari buku dan jurnal. Hasil penulisan ini dapat disimpulkan bahwa kehadiran homeschooling dapat menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran belajar bagi anak sesuai dengan fitrahnya, sehingga mereka merasa nyaman dalam belajar, dapat memilih materi pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya, serta waktu yang fleksibel dibawah bimbingan orang tuanya.
Kata Kunci : Homeschooling, Sekolah, Alternatif, Ramah, Anak


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v3i2.2011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).