PENENTUAN PENGARUH KEMAMPUAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI BERDASARKAN INTELEKTUAL (IQ) DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENDEKATAN FUZZY INFRENCE SYSTEM MAMDANI

Syamsiah Syamsiah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan intelektual (IQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMA XYZ. Yang berlokasi di DKI Jarkarta dan dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan desember 2015.
Penelitian ini dengan metode Fuzzy madani, Populasi adalah seluruh siswa di SMA XYZ, dengan populasi terjangkau siswa kelas XI IPS dengan jumlah 158 siswa, dengan mengambil sampel 110 responden.Instrument yang digunakan dalam bentuk kuesioner, dalam bentuk 35 pernyataan untuk variable bebas Motivasi Belajar dan untuk data Kemampuan Intelektual (IQ) dan Hasil Belajar
Akuntansi siswa di dapat langsung dari sekolah. Dalam variabel Motivasi Belajar dari 35 pernyataan yang diajukan terdapat 5 pernyataan yang dinyatakan tidak valid. Hasil dari perhitungan variabel motivasi belajar memiliki reliabilitas sebesar 0,961. Hasil ini selanjutnya dinyatakan reliabel digunakan untuk mendapatkan data. Dari hasil penelitian dapat digambarkan pengaruh kemampuan intelektual dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi menunjukkan hubungan positif yaitu terdapat pengaruh positif antara Kemampuan Intelektual siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi.
Kata kunci: Kemampuan Intelekual ( IQ ), Motivasi Belajar, Hasil Belajar Akuntansi dan Fuzzy Madani


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


B.Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri . 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Eng. Agus Naba. 2009. Belajar Cepat Fuzzy Logic menggunakan Matlab.

Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumadewi, Sri & Hartati,Sri & Harjoko, Agus & Retantyo,Wardoyo. 2006.

Fuzzy Multi- Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogjakarta: Graha

Ilmu.

Marimin, Nurul, 2010, Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok, IPB Press, Bogor.

Sardiman A.M.. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :

Raja Grafindo.

Slameto. 2003, Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Bumi Aksara.

Syah, Muhibbin. ,2005.Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v2i2.1429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).