Analisis Tipografi pada Spanduk Pemasaran Perumahan

Nadya Nur Rahman
Rahayu Sri Utami
Agung Zainal Muttakin Raden

Abstract


Spanduk merupakan bagian dari media iklan lini bawah. Efektifitas spanduk dipasang di jalan diharapkan mampu menjaring minat audience. Awalnya spanduk berbahan kain dengan kemudian informasi yang diberikan dituliskan dengan mengunakan cat sablon, teknik ini sering disebut dengan teknik cetak saring, atau gaya desainnya disebut dengan gaya vernakular. Seiring kemajuan teknologi dunia cetak spanduk tidak hanya berbahan kain bisa juga menggunakan bahan flexy tenik yang digunakan dengan mencetak langsung melalui mesin cetak berskala besar. Dalam mendesain sebuah spanduk harus memperhatikan elemen-elemen penting salah satunya yaitu tipografi. Tipografi pada spanduk harus bisa mewakili konsep dan karakteristik dari apa yang ingin disampaikan. Dalam penelitian ini dianalisis spanduk pemasaran perumahan yang terdapat dijalur lalulintas kendaraan di Jakarta berdasarkan hirarki dan kontras serta prinsip pokok tipografi (readability, legibility, dan visibility).

 

Kata kunci:  tipografi, spanduk, pemasaran,  perumahan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, T., & Raden, A. Z. (2016). Tipografi Vernakular Pada Warung Tenda Kaki Lima Jakarta. Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 175-183.

Ambrosse, G., & Harris, P. (2009). The Fundamental of Graphic Design. Swizterland: AVA Publishing SA.

Setiyono, B. (2004). Reka Reklame. Jakarta: Galang Press.

Sihombing, D. (2015). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soewardikoen, D. W. (2015). Visualisasi Iklan Indonesia era 1950-1957. Yogyakarta: CALPULIS.


Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF (Indonesian) - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


aterindeks

Jurnal Desain isjd isjd pkp index

isjd Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.