EKSPLORASI VISUAL PASAR TRADISIONAL SEBAGAI PENDUKUNG DALAM PERANCANGAN FILM ANIMASI PENDEK

Muhammad Firdaus

Abstract


Abstract


Generally, market is marked by buyers and sellers who meet each other. The process of buying and selling are usually through the process of bargaining system because the price is not a fixed-price. Traditional market is not only as a place to buy and sell transactions, but also it could be as a multifunctional place, such as; social interaction and cultural functions. As technology development has grown up nowadays, many developers built some modern business area such as; mall, retails, supermarket, hypermart, and so on. So that, the existence of traditional market, nowadays, become function-shift. The purpose of the research is to get and gather the information/ valid sources for processing short animation film that use traditional market as a setting and central focus. The research is going to use qualitative methods by interviewings, surveyings, and observation on the location. The conclusion of this study is the existence of traditional markets nowadays are going to be collapsed. It is because the traditional market mostly doesn’t keep abreast of the times and not following the demands of market. Therefore, the traditional market is not able to compete with themodern shopping centre. The consumers decide to go to the traditional market because of their self-habit and distance.
Keywords: traditional market, animation, existension

 

Abstrak


Umumnya pasar ditandai oleh pembeli dan penjual yang saling bertemu. Proses jual beli biasanya melalui proses tawar menawar karena harganya bukan merupakan harga tetap. Pasar tradisional tidak hanya sebagai tempat transaksi untuk menjual dan membeli, namun juga bisa menjadi tempat multifungsi, seperti; interaksi sosial dan fungsi budaya. Seiring perkembangan teknologi, banyak developer membangun beberapa area bisnis modern seperti; mal, ritel, supermarket, hypermart, dan sebagainya. Sehingga, keberadaan pasar tradisional saat ini menjadi tenggelam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mengumpulkan informasi / sumber yang valid guna memproses film animasi pendek yang memanfaatkan pasar tradisional sebagai setting dan fokus utama. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan wawancara, survei, dan observasi di lokasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keberadaan pasar tradisional saat ini mulai memprihatinkan. Hal ini dikarenakan umumnya pasar tradisional tidak mengikuti perkembangan zaman dan tidak mengikuti tuntutan pasar. Karena itu, pasar tradisional tidak mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan modern. Konsumen yang memutuskan untuk pergi ke pasar tradisional dikarenakan faktor kebiasaan dan jarak tempuhnya.
Kata-kata kunci: pasar tradisional, animasi, eksistensi


Full Text:

PDF (Indonesian)

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF (Indonesian) - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


aterindeks

Jurnal Desain isjd isjd pkp index

isjd Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.