Daya Tarik Emosional dalam Iklan Coca Cola Versi “Rayakan Namamu” sebagai Kampanye Anti-Bullying

Edo Galasro Limbong(1*), Rina Wahyu Winarni(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam membuat kreatif iklan diperlukan suatu daya tarik sehingga mudah untuk dipahami oleh khalayak yang menerima isi pesan tersebut. Salah satunya adalah menggunakan daya tarik emosional seperti yang digunakan Coca Cola dalam film iklannya. Hal ini yang menarik perhatian untuk mengetahui bagaimana konsep daya tarik emosional digunakan dan ditampilkan dalam iklan Coca Cola versi “Rayakan Namamu” sebagai kampanye antiverbal bullying. Film iklan yang hanya ditayangkan di internet ini bertujuan mengajak khalayak untuk berani melawan pemberian nama julukan/name calling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teori wacana yang dkembangkan oleh van Dijk dalam menganalisis data. Dalam hasil analisis penggunaan daya tarik yang digunakan Coca Cola adalah didapatkan pemilihan kata-kata untuk menjelaskan name calling yang telah dialami oleh tiga orang korban utama dan masyarakat umum. Selain itu, menampilkan ungkapan kesedihan dari orang tua ketiga korban utama dalam film iklan tersebut. Dengan demikian, salah satu manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaplikasian daya tarik emosional dalam sebuah kreativitas iklan dan suatu gerakan kampanye.


Keywords


daya tarik emosional; kreatif iklan; bullying

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hamad, I. (2007). Perencanaan Program Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kertamukti, R., (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Morissan, M. A., (2014). Cetakan ke-3. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sobur, A., (2009). ANALISIS TEKS MEDIA Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penulis. (2006). Webster’s English Thesaurus. Batam: Karisma Publishing Group.

http://dimaspratama20.blogspot.co.id/2013/11/menentukan-daya-tarik-iklan-di-ambil.html

http://e-journal.uajy.ac.id/980/3/2EM15860.pdf

http://kawankumagz.com/Love-And-Life/Life/Apa-Sih-Bullying-Itu

http://www.academia.edu/8307317/Definisi_Bullying_Apakah_arti_kata_bullying

https://www.stopbullying.gov/what-is-bullying/definition/index.html

Warta Kesehatan: Moestavi; 14 Januari 2016. Diunduh 9 Oktober 2016

Sindonews.com-Caesarlita; 13 Januari 3016. Diunduh 8 Oktober 2016

https://www.youtube.com/watch?v=HkboBCpm83g

http://kawankumagz.com/Feature/News/7-Fakta-Di-Balik-Gerakan-Rayakannamamu-Oleh-Coca-Cola-Dalam-Melawan-Verbal-Bullying. Diunduh 22 November 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Edo Galasro Limbong, Rina Wahyu Winarni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics