Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan dan Efektivitas Strategi Operasional pada Firma Hukum MAP

Aisyah Pia Asrunputri(1*)

(1) Alumni Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berfokus pada bagaimana firma hukum MAP memenuhi ekspektasi kliennya mengenai pelayanan berdasarkan dimensi SERVQUAL. Penelitian ini juga mengevaluasi efektivitas dari strategi operasional firma hukum MAP. Peneliti menggunakan focus group discussions dan in-depth interview untuk memperoleh data penelitian ini. Berdasarkan penemuan dari penelitian ini firma hukum MAP telah memenuhi ekspektasi klien serta pelayanan hukum yang telah diberikan oleh firma hukum MAP juga sudah memuaskan. Firma hukum MAP dinilai telah sukses mengimplementasikan strategi operasional yakni dengan menggunakan strategi waste elimination yang mana membantu firma hukum MAP untuk menghadapi tantangan bisnis dalam sehari-harinya. Namun terdapat beberapa perbaikan yang perlu dibuat yakni dengan meningkatkan performa pelayanan dengan mengimplementasikan CRM dan juga dengan melakukan benchmarking.


Keywords


SERVQUAL, Waste Elimination, CRM

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Shahin, A. (2010) Servqual.

Thomson Reuters (2014) An Introduction to Lean Six Sigma As Applied to the Law Firms.

TG Mulia (2011) Bab II: Tinjauan Pustaka [Online] http://e-journal.uajy.ac.id/2040/3/2TS12807.pdf, [Akses Terakhir: 20 April 2016]

A. Parasuraman, et al (1988) Servqual: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality [Online] http://areas.kenanflagler.unc.edu/Marketing/FacultyStaff/zeithaml/Selected%20Publications/SERVQUAL-%20A%20Multiple- Item%20Scale%20for%20Measuring%20Consumer%20Perceptions%20of%20Service%20Quality.pdf

A. Shahin (2010) Servqual [Online]. http://www.proserv.nu/b/Docs/Servqual.pdf

[Akses Terakhir: 20 April 2016]

Thomson Reuters (2014) An Introduction to Lean Six Sigma As Applied to the Law Firms [Online]. https://info.legalsolutions.thomsonreuters.com/signup/newsletters/practice-innovations/2014-oct/article4.aspx. [Akses Terakhir: 20 April 2016]




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v5i1.3161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.