Pengaruh Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 di BEI Periode 2012-2015)

Desy Septariani(1*)

(1) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen yang diukur dari dividend payout ratio dan kebijakan hutang yang diukur dari debt to equity ratio terhadap nilai perusahaan yang diukur dari Price to book value pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Populasi dari penelitian semua perusahaan yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 45 perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian secara parsial debt to equity ratio mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Price to book value dan dividend payout ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Price to book value. Secara simultan dividend payout ratio dan Debt to equity ratio berpengaruh terhadap Price to book value.


Keywords


Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdillah, Ardianto. (2013). Analisis Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di BEI Periode 2009-2012.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Brealey, Myers dan Marcus. (2007). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, Buku Kedua, Erlangga, Jakarta.

Fatimah, Siti. (2015). Analisis Pengaruh Kebijakan Hutang, Investasi, Dividen, terhadap Nilai Perusahaan Food & Beverages. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.4, No.10, Oktober. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Surabaya.

Fenandar, Gany Ibrahim dan Raharja, Surya. (2012). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal Of Accounting, Vol.1, Nomor 2. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Harjito, Agus dan Martono. (2011). Manajemen Keuangan. Ekonisia. Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Marlina, Lisa dan Danica, Clara. (2009). Analisis Pengaruh Cash Position, Debt To Equity Ratio dan Return On Asset Terhadap Dividen Payout Ratio. Jurnal Manajemen Bisnis, 2 (1): h:1-6

Munawir, S. (2004). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta. Liberty.

Noviana, Riska. (2016). Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmawati, Apriliana Nuzul dan Haryanto Mulyo. (2012). Analisis Faktor Kebijakan Hutang Yang mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Rehulina, Novi Sitepu dan Handoyo C Wibisono. (2014). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Pada Tahun 2009-2013. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Septia, AdeWinda. (2015). Pengaruh Profitabilitas Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Singgih, Santoso. (2008). Buku Latihan SPSS Parametrik. Jakarta, PT. Alex Komputindo.

Sujoko, Soebiantoro Egy. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra. Vol.9, No.1.

Sumantri, Putu Adhy dan Candraningrat, Ica Rika. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Firm Size, Likuiditas dan Leverage Terhadap Kebijakan Dividen di BEI. Fakultas Ekonomi, Universitas Bisnis Udayana, Bali.

Sukirni, Dwi. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal 2012.

Yuniati, Raharjo, dan Oemar. (2016). Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang,Profitabilitas, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2014. Journal Of Accounting. Vol. 2, No.2, Maret. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Pandanaran Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jabe.v3i3.1769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Universitas Indraprasta PGRI

Alamat:Kampus B | Jl. Raya Kampung Gedong
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM



Creative Commons License

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.