Keefektifan Strategi Pembelajaran antara Metode Tutor Sebaya dengan Metode Tanya Jawab dalam Pengajaran Remidial Materi Fungsi Limit

Ukti Lutvaidah(1*)

(1) Universitas Indraprasta
(*) Corresponding Author

Abstract


Aktivitas belajar tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar, peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam belajar, baik dalam hal menerima pelajaran, menyerap pelajaran, atau kedua-duanya. Kesulitan belajar dapat dilihat dengan adanya seorang atau sekelompok peserta didik yang tidak dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diremidi menggunakan metode tutor sebaya dengan peserta didik yang diremidi menggunakan metode tanya jawab. dan jika ada, manakah yang lebih efektif dari dua metode pembelajaran tersebut.Hasil penelitian ini mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah para peserta didik kelas XI IPS yang nilai ulangan harinya dibawah KKM pada materi fungsi limit semester genap. Sampel sebanyak 2 kelas diambil menggunakan teknik cluster random sampling terambil kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah 76 peserta didik. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode dokumentasi dan tes untuk mempereoleh data tentang populasi dan sampel serta prestasi belajar sebelum dan sesudah pengajaran remidial. Analisis data menggunakan uji-t dua pihak digunakan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diremidi menggunakan kedua metode tersebut dan uji-t satu pihak untuk untuk menetukan metode pembelajaran yang lebih efektif.Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diremidi menggunakan metode tutor sebaya dengan peserta didik yang diremidi menggunakan metode tanya jawab. Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya lebih efektif daripada metode pembelajaran tanya jawab.

Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Metode Tanya Jawab, Pengajaran Remidial, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hartanti, Apriliana. 2010. Pengajaran Remidial. Online. http://www.makalahpsikologi.blogspot.com/2010/01/pengajaran-remidial.html. (12 Desember 2011)

Mariana, Made Alit. 2003. Pembelajaran Remidial. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Mukhtar dan Rusmini. 2003. Pengajaran Remidial, Teori dan Penerapan dalam Pembelajaran. Jakarta: Fifa Mulia Sejahtera.

Nurjanah, Nana. 2009. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susongko, Purwo. 2010. Penelitian Hasil Belajar. Tegal: UPS Tegal.

Yahya, A Halimfathani. 2006. Pengertian Matematika. Online. http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/06/pengertian-matematika.html. (27 Oktober 2011)

Khunul Arofah. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui pembelajaran Remidial Dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya Di Madrasah Aliyah Ibbnu Qoyyim YogyakartaKelas X.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats