Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII MTs Daarussa’adah Ciganjur Jakarta Selatan

Rahmawati Yuliyani(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran matematika realistik (PMR) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri dengan bantuan dan arahan guru. Diawali dengan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan menghasilkan perangkat yang baik untuk materi operasi aljabar dan berorientasi pada pembelajaran matematika realistik (PMR). Penelitian juga bertujuan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)serta mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran matematika secara konvensional untuk materi operasi aljabar. Perangkat pembelajaran dikatakan baik jika setelah divalidasi dan diujicobakan di lapangan memenuhi syarat berikut: kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif dan tes hasil belajar valid, reliabel dan peka. Selanjutnya PMR dikatakan efektif jika memenuhi 3 dari 4 indikator berikut yaitu hasil belajar secara klasikal tuntas, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal baik, aktifitas siswa dalam pembelajaran efektif dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran positif dengan syarat indikator ketuntasan hasil belajar terpenuhi.Populasi dalam penelitian ini diambil dari satu sekolah yang mempunyai banyak kelas pararel supaya ada kehomogenan dalam kognitif dan sebagai sampelnya diambil tiga kelas secara acak, yaitu VII-satu, VII-tiga dan VII-empat dimana masing-masing sebagai kelas uji coba, kontrol dan eksperimen.Untuk kelas eksperimen dan kelas uji coba diberikan pembelajaran dengan PMR sedangkan untuk kelas kontrol diberikan pembelajaran matematika secara konvensional.Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan menggunakan model 4-D thiagarajan, dkk yang telah di modifikasi, yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif, selain itu pada tahap eksperimen digunakan analisis inferensial ANAKOVA.

Keyword. PMR, pengembangan perangkat, keefektifan pembelajaran, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2002. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Topik Bangun-bangun Segiempat di Kelas 2 SLTP Negeri 16 Pekanbaru. Makalah Komprehensif. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Alhaddad, S.F. 2002. Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Pecahan di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Fauzi, K.M.S. 2002. Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Pembagian di SD. Tesis magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Haji, Saleh. 2005. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. S3 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses 1 September 2016

Harjanto. 2002. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasratuddin. 2002. Pembelajaran Matematika Unit Geometri dengan Pendekatan Realistik di SLTP 6 Medan. Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Herlina, E. 2003. Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Luas di Kelas IV MI. Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Nur, M., dan P.R. Wikandari. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. Pusat Studi MIPA Unesa.UNESA Surabaya.

Sabardin. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Topik Persegipanjang dan Persegi di Kelas 1 SMP Negeri 5 Bau-bau Sulawesi Tenggara. Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

U.S, Supardi. 2012. Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Cakrawala Pendidikan, 31 (2). journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/download/1560/pdf. Diakses 20 Agustus 2016.

Suharta, I Gusti Putu. 2006. Matematika Realistik: Apa dan Bagaimana?. www.depdiknas.go.id /jurnal/38/Matematika% 20 Realistik.htm. Diakses 10 Agustus 2016

Haji, Saleh. 1998. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Disertasi.http://- abstrak.digilib.upi.edu/ Direktori/Disertasi/Pendidikan_ Matematika/Saleh_Haji_Pengaruh_Pendekatan_ Matematika_Realistik_ terhadap_Hasil_ Belajar_Matematika_di_Sekolah_Dasar .pdf.Diakses 26 Apri 2012.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Zulkardi. 2003. How to Design Mathematics lessons based on the Realistic Approach. www.geocities.com/ratuilmu.co.id. diakses 10 Agustus 2017

Thiagarajan, S. Semmel, DS. Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Blomingtn: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats