Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Kimia Ditinjau dari Adversity Quotient, Sikap Ilmiah dan Minat Belajar

Fatwa Patimah Nursa'adah(1*), Novrita Mulya Rosa(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kraetif kimia ditinjau dari adversity quotient, sikap ilmiah dan minat belajar. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI semester genap tahun akademik 2014/2015 , yang mengikuti perkuliahan Kimia Dasar II berjumlah 66 orang. Pemilihan kelas sampel menggunakan teknik multistage random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukandengan melaksanakan tes kemampuan berpikir kreatif kimia berupa soal uraian. Data adversity quotient, sikap ilmiah dan minat belajar diperoleh dengan menggunakan angket skala sikap.Analisa data penelitian menggunakan korelasi dan regresi dengan bantuan program SPSS. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh adversity quotient, sikap ilmiah dan minat belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan korelasi sebesar 0,359 dan koefisien determinasi sebesar 12,9%. Pengujian Signifikasi Koefisien Regresi diperoleh nilai sig 0,034  dan Fhitung = 3,066.  Uji pengaruh masing-masing variabel diperoleh terdapat pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan nilai sig = 0,012  dan thitung = 2,595. Tidak terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan nilai sig = 0,646  dan thitung = - 0,461. Tidak terdapat pengaruh minat belajar  terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan nilai sig = 0,508  dan thitung = - 0,666.

 

Kata kunci : kemampuan berpikir kreatif


Full Text:

PDF

References


Anagun, S.S., and Yasar, S. 2009. Reliability and validity studies of the science and technology course scientific attitude scale. Journal of Turkish Science Education, 6 (2): 43-45.

Bayani, Irma dan Hafizhoh Nur. 2011. Hubungan antara adversity quotient dan dukungan sosial dengan intensi untuk pulih dari ketergantungan narkotika alkohol psikotropika dan zat adiktif (NAPZA) pada penderita di wilayah Bekasi Utara Lembaga Kasih Indonesia. Jurnal Soul, 4 (2), 64-83. Diunduh http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/soul/article/view/606. Diakses 30 Sepetember 2016.

Candisa, I.M. 2006. Mengajar Siswa yang Beragam dengan Aneka Cara. http://www. balipost.co.id/ Diakses 30 September 2016.

Fakhruddin, Elva dan Syahril. 2010. Sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran fisika dengan penggunaan media komputer melalui model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sain, 4 (1): 18-22.

Filsaime, D. K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Hans, Jen Z.A. 2006. Strategi Pengembangan Diri. Jakarta: Personal Development Training.

Laksomono, H.K. 2006. Jiwa ”Climber” Pengusaha. http://www.paramuslim.com/ Diakses 30 September 2016.

Putra, Djodi Restyo. 2011. Studi Komparasi Penggunaan Metode CeramahDan Diskusi Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN di SMPN 3 Prambanan Sleman. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.

Santyasa, I. W. 2004. Model Problem Solving dan Reasoning sebagai alternatif Pembelajaran Inovatif. Makalah. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V. Bali : IKIP Negeri Singaraja.

Sinamo, Jansen. 2010. 8 Etos Keguruan. Jakarta: Institut Darma Mahardika.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Cet.ke – 14.

Wardiana, I Pt Arya, dkk. 2014. Hubungan antara Adversity Quotient dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD di Kelurahan Pedungan. Jurnal Mimbar PGSD, 2 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i3.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats