Efektivitas Penggunaan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Martua Ferry Siburian(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media grafis dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas VII SMP Negeri 209 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas, yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki atau meningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA dengan menerapkan media grafis dalam proses belajar sangat sesuai dengan hasil belajar siswa yang tinggi, situasi belajar semakin menyenangkan dan diminati siswa. Nilai awal pada prasiklus yaitu 39 dengan nilai terendah 20 dan nilai tertinggi 60, kemudian pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yaitu 61 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 85 dan bertambah meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai 69 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 85, kemudian pada siklus III semakin meningkat secara signifikan dengan rata-rata nilai 84 dengan nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 95. Hal ini menunjukkan kemajuan, dimana siswa telah mendapatkan hasil belajar yang meningkat dari prasiklus, siklus I sampai dengan siklus III.

 Kata kunci: Efektivitas, Media Grafis, Hasil Belajar IPA.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran Berbasis SETS. Jakarta: Grafindo Persada.

Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Binadja, A. 2002. Hakekat dan tujuan pendidikan SETS dalam kontek kehidupan dan pendidikan yang ada. Makalah Seminar dan Lokakarya Nasional.

Colburn. 2010. An inquiry primer, science scope. Journal of Science Education, 22 (4): 42-44.

Hamalik. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemmis & Taggart. 1988. The Action Research Planner (Third Edition). Victoria: Deakin University Pres.

Sardiman, AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sharan, S. 1980. Cooperative learning in small groups: recent methods and effects on achievement, attitudes, and ethnic relations. Review of educational Research, 50, 241 – 258. [versi elektronik].

Suparwoto. 2004. Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriyono. 2008. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats