Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dalam Mengajarkan Matematika

Anetha LF Tilaar(1*)

(1) Universitas Negeri Manado
(*) Corresponding Author

Abstract


Penguasaan strategi pembelajaran harus dimiliki oleh seorang pengajar
matematika dalm rangka menunjang kesuksesan siswa dalam mempelajari matematika. Penerapan pembelajaran Kontekstual dalam mengajarkan matematika diharapkan dapat membantu para pengajar mata pelajaran matematika, sehingga para siswa dapat lebih mudah mengerti dan memahami, sekaligus dapat meningkatkan minat dan motovasi siswa dalam mempelajari matematika. Kajian ini bersifat kualitatif, yang memfokuskan pada
hal-hal yang diharapkan (i) minimal diketahui dan dipahami oleh pengajar matematika, dengan berdasarkan kajian pustaka dan pengamatan penulis, dan (ii) dapat memberi kontribusi pada para pengajar matematika dalam menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.



Keywords


pembelajaran kontekstual, matematika, konstruktivsme, realistik.

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw Hill.

C-STARS. 2002. Tujuh Prinsip CTL (versi transparansi). University of Washington

Seatlle.

Depdiknas. 2006. Peraturan Pemerintah No. 22. Tentang Standar Isi Untuk Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Eggen, P.D. and Kauchak, D.P. 1993. Strategies for Teacher Teaching Content and

Thingking Skill. Third Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open

University Press.

Hudoyo, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.

Malang: JICA Universitas Negeri Malang.

Jihad, Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum Matematika. Bandung: Penerbit Multi

Pressindo.

Nur, M. 2003. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis

dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rustana, C.E. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah (Pembelajaran dan

Pengajaran Kontekstual). Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan

PertamaDepdiknas.

Slavin, R. 1997. Educational Psychologi- Theory and Practice. Fourth Edition.

Massachussets: Allynand Bacon Publisher.

Suherman, H.E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung: Universitas Pendidikan Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i3.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA

Publisher:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats