Reklamasi Pesisir Kota Cirebon


Abstract


Abstrak. Penataan Pesisir Kota Cirebon yang berkelanjutan bertujuan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi wilayah pesisir yang berkelanjutan. Dengan reklamasi luas wilayah Kecamatan Lemahwungkuk bertambah, diatas tanah reklamasi tersebut dibangun waterfront city untuk meningkatkan potensi pesisir Kota Cirebon, waterfront city mencakup permukiman, pariwisata, serta sentra-sentra ekonomi seperti minapolitan. Metode analisis data yang digunakan (1) Analisis Fisik Lingkungan,Kajian ini diarahkan untuk menghasilkan gambaran (deskriptif) mengenai wujud struktural di kawasan tersebut dan kawasan di sekitarnya. (2) Analisis Aksesibilitas dan Sirkulasi, Kajian ini diarahkan   untuk menghasilkan gambaran(deskriptif) mobilitas dari kegiatan transportasi laut/daratan yang  ada baik dari maupun ke daerah objek wisata. (3) Analisis  Fasilitas dan Utilitas, Kajian ini diarahkan untuk menghasilkan gambaran kondisi dari fasilitas yang ada disekitar objek wisata pantai dan permukiman yang ada. (4) Analisis Pariwisata, Kajian ini diarahkan untuk menghasilkan gambaran mengenai potensi wisata yang terlihat dari banyaknya wisatawan/pengunjung yang datang. Kesimpulan yang dihasilkan permasalahan yang terjadi di kota Cirebon adalah wilayah administrasi yang kecil, persebaran penduduk belum merata, potensi sumber daya alam yang belum berkembang, kondisi pesisir pantai yang mengalami abrasi, keterbatasan sarana dan prasarana. Melihat keterbatasan yang dihadapi direncanakan pembangunan pesisir pantai yang berkelanjutan dengan pembangunan kawasan tepi air atau waterfront city.

 

 


References


Bappeda Kota Cirebon, 2011-2031, RUTR Wilayah Kota Cirebon. Bappeda. Cirebon

Becker, E.1997. Sustainable: A Cross-Disciplinary Concept for Social Transformations.

Management Of Social Transformation (MOST). Policy Papers 6. Paris. UNESCO.

BPS Kota Cirebon. 2014. Cirebon Dalam Angka 2014. Bappeda Dan BPS Cirebon. Cirebon

Herdianto, WK, 2006,Analisis Manfaat Biaya Reklamasi Pantura Jakarta, Jurnal Lingkungan Vol. I/I 2006 hal. 14-19, PSIL-UI.Jakarta

Lukita Purnamasari, Pengelolaan Wilayah Pesisir Secara Terpadu Dan Berkelanjutan Yang Berbasis Masyarakat, Jurnal Lingkungan Hidup, November 12, 2009.

Profil Kota Cirebon, 2016, Kerjasama Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dengan Badan Pusat Statistik Kota Cirebon.

Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Provinsi Jawa barat Tahun 2013-2029.

Sidarta, Moch. (1996). Jakarta Waterfront City Development. Jurnal PWK, Vol.7, 38-45.

Sugandi, Aca, 1999, Penataan Ruang dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, Gramedia, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i4.2838

Article metrics

Abstract views : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

aterindeks

DOAJ faktor exacta isjd sinta isjd pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats