Implementasi Konsep No Programming Dalam Membangun Perangkat Lunak Berbasis Wireframe Menggunakan Jim Prototyper

Fiqih Ismawan(1*)

(1) Indraprasta of PGRI University
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak. Dengan semakin berkembangnya dunia programming yang semakin hari semakin cepat dengan mengandalkan beberapa konsep model dan metode yang beragam, maka kebutuhan sistem pun semakin menuntut seorang pengembang sistem untuk bekerja cepat dalam mendesain, membangun prototipe, dan merancang seluruh kebutuhan sistem yang ada. Beragam jenis alat pendukung dalam membantu pengembang dalam mengembangkan sistem, bahkan saat ini sudah banyak dan memang semua dibuat sesuai kebutuhan sistem yang ada. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dan manfaat konsep No Programming menjadi solusi saat ini dalam menjawab kebutuhan sistem yang akan di bangun. Konsep ini mengadopsi metode cepat, praktis, interaktif dan powerfull dalam mendesain dan mengembangkan sebuah sistem aplikasi berbasis wireframe. Penelitian ini di bangun dengan sebuah metode konsep No Programming berbasis wireframe dan prototype dalam mengimplementasikan dan membangun aplikasi sistem. Hasil dari penelitian ini diyakini dapat menyelesaikan seluruh pengembangan sistem sesuai kebutuhan sistem yang ada dengan cepat.

 

Kata Kunci: no programming, wireframe, prototyping, aplikasi sistem


Full Text:

PDF

References


Ismawan, Fiqih. 2016. Kupas Tuntas Istilah {No Programming Diterapkan pada JIM PROTOTYPER. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Albaar, A. H. (2016) Komparasi Perangkat Lunak High - Fidelity Prototyping : Justinmind

dan Mockplus dalam Pengembangan Aplikasi Web dan Mobile E - government (Studi Kasus : LPSE). Universitas Islam Indonesia.

Panhale, M. (2015). Begining Hybrid Mobile Application Development. Pune: Appress

Preece, J., Rogers, Y., & Sharp, H. (2002). Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction. Book (1st ed.). A John Wiley & Sons.

Pressman, B., Software Engineering, McGraw-Hill, 2005

Wisesa, D. U. (2015) Komparasi Perangkat Lunak High-Fidelity Prototyping : Axure dan Balsamiq dalam Pengembangan Aplikasi Web dan Mobile Commerce. Universitas Islam Indonesia.

Walker, M., Takayama, L., & Landay, J. A. (2002). High-Fidelity or Low-Fidelity, Paper or Computer? Choosing Attributes when Testing Web Prototypes. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 46(5), 661-665




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i3.2744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index