Implementasi Konsep No Programming Dalam Membangun Perangkat Lunak Berbasis Wireframe Menggunakan Jim Prototyper


Abstract


Abstrak. Dengan semakin berkembangnya dunia programming yang semakin hari semakin cepat dengan mengandalkan beberapa konsep model dan metode yang beragam, maka kebutuhan sistem pun semakin menuntut seorang pengembang sistem untuk bekerja cepat dalam mendesain, membangun prototipe, dan merancang seluruh kebutuhan sistem yang ada. Beragam jenis alat pendukung dalam membantu pengembang dalam mengembangkan sistem, bahkan saat ini sudah banyak dan memang semua dibuat sesuai kebutuhan sistem yang ada. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dan manfaat konsep No Programming menjadi solusi saat ini dalam menjawab kebutuhan sistem yang akan di bangun. Konsep ini mengadopsi metode cepat, praktis, interaktif dan powerfull dalam mendesain dan mengembangkan sebuah sistem aplikasi berbasis wireframe. Penelitian ini di bangun dengan sebuah metode konsep No Programming berbasis wireframe dan prototype dalam mengimplementasikan dan membangun aplikasi sistem. Hasil dari penelitian ini diyakini dapat menyelesaikan seluruh pengembangan sistem sesuai kebutuhan sistem yang ada dengan cepat.

 

Kata Kunci: no programming, wireframe, prototyping, aplikasi sistem


References


Albaar, A. H. (2016) Komparasi Perangkat Lunak High - Fidelity Prototyping : Justinmind

dan Mockplus dalam Pengembangan Aplikasi Web dan Mobile E - government (Studi Kasus : LPSE). Universitas Islam Indonesia.

Imam Sya’roni, M. Putra Karisma, A. Amalia, F. Perbandingan Hasil Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dengan Think Aloud pada Kasus Web FILKOM APPS untuk Mahasiswa. Universitas Brawijaya, Malang: Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.

Ismawan, Fiqih. 2016. Kupas Tuntas Istilah {No Programming Diterapkan pada JIM PROTOTYPER. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Ismawan, F., & Irfansyah, P. (2015). PROTOTIPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS E-BUSINESS : STUDI KASUS MARGATEKNO OFFICIAL CENTER, 8(3), 231–241.

Kurosu, Masaaki. (2016). Human-Computer Interaction. Interaction Platforms and Techniques. Toronto: 18th International Conference, HCI International 2016 Nielsen Norman Group. (2007). User Experience - Our Definition [e-journal] Tersedia di: https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience.

Mahmood, Sajjad; Richard Lai; Yong Soo Kim; Ji Hong Kim; Seok Cheon Park; Hae Suk Oh. (2005). A survey of component based system quality assurance and assessment. Information and Software Technology Elsevier Journal, Vol 47, Issue 10, 1 Juli 2005, 693-707.

Panhale, M. (2015). Begining Hybrid Mobile Application Development. Pune: Appress

Preece, J., Rogers, Y., & Sharp, H. (2002). Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction. Book (1st ed.). A John Wiley & Sons.

Pressman, B., Software Engineering, McGraw-Hill, 2005

Park,Hye Sun; Kim Ho Wono; Park Chang Joon. (2016). Dynamic-Interaction UI/UX Design for AREIS. Switzerland: Springer International Publishing.

Walker, M., Takayama, L., & Landay, J. A. (2002). High-Fidelity or Low-Fidelity, Paper or Computer? Choosing Attributes when Testing Web Prototypes. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 46(5), 661-665

Wisesa, D. U. (2015) Komparasi Perangkat Lunak High-Fidelity Prototyping : Axure dan Balsamiq dalam Pengembangan Aplikasi Web dan Mobile Commerce. Universitas Islam Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i3.2744

Article Metrics

Abstract view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

aterindeks

DOAJ faktor exacta isjd sinta isjd pkp index

isjd Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats