PROTOTIPE PREDIKSI PERSEDIAAN SUKU CADANG BERDASARKAN POLA KONSUMSI DAN DEAD STOCK DENGAN MENGGUNAKAN ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS)

helmi veris suparyo(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Persediaan diartikan sebagai sumber daya menganggur (iddle resource) yang belum digunakan karena menunggu proses lebih lanjut. Untuk menjamin ketersediaannya, dalam hal ini adalah suku cadang, diperlukan persediaan yang siap digunakan ketika dibutuhkan untuk menghindari kerusakan karena terlalu lama tersimpan digudang (dead stock) atau kekurangan persediaan (stockout). Atas dasar itulah diperlukan suatu model framework sistem prediksi (peramalan) yang dapat memperkirakan kebutuhan persediaan selanjutnya dengan menerapkan jaringan syaraf tiruan untuk melakukan pembelajaran terhadap data historis melalui analisis stok mati (dead stock) dan pola konsumsi pemakaian. Jenis penelitian termasuk Penelitian Terapan. Metode pengumpulan data melalui sistem berjalan SAP R/3, wawancara, observasi dan studi pustaka dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Perancangan menggunakan Prototype ANFIS. Teknik pengujian validasi sistem melalui pendekatan black-box testing sedangkan pengujian kualitas perangkat lunak menggunakan 2 karakteristik model ISO 9126, usability dan efficiency.

 

Kata Kunci :  Prediksi, Peramalan, Material Manajemen, Suku Cadang, Spare Parts, Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v10i4.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

DOAJ faktor exacta Garuda ISSN BRIN sinta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index