MODEL REGRESI PROBIT BIVARIAT

Nurfidah Dwitiyanti(1*)

(1) Program Studi Informatika - Unindra PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Model regresi probit bivariat merupakan model regresi yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua buah variabel respon yang berupa data kualitatif biner dengan satu atau lebih variabel prediktor. Variabel galat pada model ini diasumsikan berdistribusi normal bivariat. Metode kemungkinan maksimum dengan metode iterasi Newton Raphson digunakan untuk mendapatkan taksiran parameter regresi probit bivariat. Selanjutnya dilakukan pengujian signifikansi pada model ini dengan menggunakan uji perbandingan kemungkinan untuk menguji signifikansi parameter secara simultan dan uji Wald untuk menguji signifikansi parameter secara parsial. Uji Lagrange Multiplier digunakan untuk menguji ada atau tidaknya korelasi galat antara masing-masing variabel respon. Model probit bivariat diterapkan pada kasus kepercayaan seseorang (dalam hal ini responden) terhadap layanan internet yang dikaitkan dengan penggunaan internet serta faktor-faktor yang menentukan kemungkinan (peluang) seseorang percaya terhadap layanan internet dan penggunaan internet. Berdasarkan hasil analisis model probit bivariat diperoleh bahwa nilai peluang untuk setiap kepercayaan seorang responden terhadap layanan internet dan responden yang menggunakaan internet, secara bersama-sama (simultan) variabel prediktor yaitu pendidikan, pendapatan, usia, dan jenis kelamin mempunyai pengaruh terhadap peluang seorang responden yang percaya terhadap layanan internet dan responden yang menggunakan internet. 


Full Text:

PDF

References


Agresti, A.1990. Categorical Analysis. New York: John Wiley and Sons.Inc.

Park, H.M (2009). Regression Models for Binary Dependent Variables Using Stata, SAS, R, LIMDEP, and SPSS. Working Paper. UITS Center for Satistical and Mathematical Computing: Indiana University.

Scott Long, J and Freese, J. 2001. Regression Models For Categorical Dependent Variables Using STATA. Texas: A Stata Press Publication STATA Corporation.

Sudjana. (1996). Metode Statistika, ed.6. Bandung: Tarsito.

Trisna Pradnyantari, N, Gde Sukarsa, I dan Putu Suciptawati, N. 2015. Penerapan Regresi Probit Bivariat untuk Menduga Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Udayana). E-Jurnal Matematika Vol. 4(2), pp. 49-53.

Yong, B. 2003. Penaksir Maksimum Likelihood Bagi Model Probit dan Model Probit Bivariat. INTEGRAL, VIII No. 1, pp.11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/faktorexacta.v10i3.1336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




template doaj grammarly tools mendeley crossref SINTA sinta faktor exacta   Garuda Garuda Garuda Garuda Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Flag Counter

site
stats View Faktor Exacta Stats


pkp index