PERANCANGAN FILTER SENTRIFUGAL UNTUK PEMISAHAN FILTRAT KEDELAI DAN AMPAS

fitri wahyuni

Sari


Proses penyaringan bubur kedelai untuk memisahkan filtrat kedelai dan ampas pada industri rumah tangga pembuatan tahu masih dilakukan dengan cara tradisional dan kurang efisien. Padahal proses ini mempengaruhi cita rasa, kualitas dan kuantitas tahu yang dihasilkan. Perlu penerapan teknologi sederhana pada proses penyaringan tersebut. Penyaringan secara sentrifugal dapat diterapkan untuk memisahkan filtrat kedelai dan ampas pada proses pembuatan tahu. Penelitian ini dilakukan untuk merancang alat pemisah filtrat kedelai dan ampas menggunakan metode sentrifugal yang terjadi pada arah aksial, menentukan tetapan perancangan alat tersebut serta pengaruh kecepatan putar alat terhadap laju aliran filtrasi.

Proses penelitian diawali dengan pembuatan gambar teknik alat, dilanjutkan dengan pembuatan alat dan kemudian pengujian kinerja alat. Pengujian kinerja alat dilakukan menggunakan bubur kedelai yang telah dimasak dan siap untuk disaring yang didapat dari industri rumah tangga pembuat tahu di Dusun Krapyak, Desa Margoagung, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Data yang dicatat pada uji kinerja alat adalah volume dan massa filtrat kedelai yang tersaring setiap menitnya. Variabel kontrol pada penelitian ini adalah viskositas, densitas dan kandungan padatan bubur kedelai. Alat pemisah filtrat kedelai dan ampas menggunakan metode sentrifugal berhasil dibuat dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dhafir, M., Zulfahrizal dan Mustaqimah., 2007, Rancang Bangun dan Uji Performansi Alat Pemeras Kelapa Kukur Tipe Sentrifugal Bertenaga Motor Listrik, Laporan Penelitian, Fakultas Pertanian Universitas Syah Kuala, Nangro Aceh Darusalam.

Earle, R. L., 1983, Unit Operations in Food Processing, Second Edition, Pergamon Press, USA.

Esti dan Sediadi, A., 2000, TTG Pengolahan Pangan, BPPT, Jakarta.

Hariyanto, B., 2007, Modifikasi Mesin Penyaring Sentrifugal untuk Penyaringan Bubur Kedelai, Skripsi, FTP UGM. Yogyakarta.

Heldman, R. D., and Singh, P. R., 2009, Introductin to Food Engineering, Fourth Edition, Academic Press, China.

Prihatman, K., 2000, TTG Budidaya Pertanian, BPPT, Jakarta.

Radi, 2004, Rancang Bangun dan Konstruksi Mesin Penyaring Bubur Kedelai Tipe Sentrifugal, Skripsi, FTP UGM, Yogyakarta.

Sonawan, H., 2010, Perancangan Elemen Mesin, Alfabeta, Bandung.

Sularso dan Suga, K., 2008, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Eleman Pradnya Paramita, Jakarta.

Svarovsky, L., 2000, Solid-Liquid Separation, Fourth Edition, Butterworths, London.

Wijayanto, B., 2008, Modifikasi dan Aplikasi Model Penyaringan Sentrifugal Tekanan Tetap Pada Laju Penyaringan Sentrifugal. Tesis, FTP UGM, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
Faktor Exacta p-ISSN 1979-276X e-ISSN 2502-339X
 http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Faktor Exacta Stats